Arkhan Kaka: Mesin Gol Timnas U-17 Titisan Bambang Pamungkas

jun | CNN Indonesia
Kamis, 06 Okt 2022 14:59 WIB
Naluri penyerang dalam diri Arkhan Kaka berasal dari ayahnya, Purwanto Suwondo yang pernah tampil bersama Bambang Pamungkas di Timnas usia muda. Arkhan Kaka teringat ayah dan Bambang Pamungkas. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Naluri Arkhan Kaka sebagai striker haus gol tak muncul begitu saja. Ayahnya adalah mantan pesepakbola nasional yang pernah satu tim dengan Bambang Pamungkas.

Arkhan menjadi salah satu pemain yang mencuri perhatian di Timnas Indonesia U-17. Ketajamannya di depan gawang membuat namanya mulai diperhitungkan.

Koleksi enam gol dari dua pertandingan membuat Arkhan menempati posisi top skor sementara di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Usut punya usut, ketajaman Arkhan secara alami turun dari ayahnya Purwanto Suwondo. Ketika masih aktif sebagai pemain, Purwanto sempat bersanding dengan Bambang Pamungkas di timnas kelompok umur.

Kendati tak sepopuler Bambang, Purwanto pernah bermain untuk sejumlah klub Indonesia, termasuk Arema dan Persebaya Surabaya. Tak pelak, darah penyerang pun menurun kepada putranya, Arkhan Kaka.

Pemain muda bernama lengkap Arkhan Kaka Putra Purwanto itu lahir di Blitar pada 2 September 2007. Ia sempat menimba ilmu di PSBK Blitar pada 2019 sebelum gabung tim muda Bhayangkara FC pada 2021.

Bakat Arkhan kemudian dilirik Persis Solo dan membawanya masuk ke dalam skuad Timnas U-16 yang sukses menjuarai Piala AFF U-16 2022. Arkhan sendiri menyumbang dua gol di turnamen tersebut.

Kepercayaan diri Arkhan makin menebal setelah gabung Timnas U-17. Total enam gol sudah dikoleksi di dua laga Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Empat gol dicetak Arkhan saat Indonesia sukses melumat Guam 14-0. Sementara dua gol lain tercipta ketika Indonesia menang 3-2 atas UEA U-17.

Arkhan pun jadi perbincangan di media sosial karena melakukan selebrasi gol bak striker legendaris Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas.

Banner live streaming MotoGP 2022

"Tadi refleks saja dan karena Bepe adalah rekan ayah saya di Timnas jadi saya menghormatinya," kata Arkhan dalam konferensi pers.

Meski jalan Arkhan Kaka menuju karier profesional masih panjang, namun tak ada salah jika bermimpi untuk mengikuti jejak sukses Bambang Pamungkas, yang melejit bersama Persija Jakarta dan Timnas Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

(jun/har)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER