Ketua Umum PSSI Saat Tinjau Kanjuruhan: Banyak Kekurangannya

CNN Indonesia
Kamis, 06 Okt 2022 16:40 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memaparkan temuan-temuan dalam tinjauan ke Stadion Kanjuruhan yang merupakan markas Arema FC. Stadion Kanjuruhan sudah menjadi markas Arema sejak 2000-an. (ANTARA FOTO/Naufal Amma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memaparkan temuan-temuan dalam tinjauan ke Stadion Kanjuruhan yang merupakan markas Arema FC.

Iriawan melakukan pengecekan stadion terkait tragedi Kanjuruhan yang berlangsung pada akhir pekan lalu. Selain mengucapkan belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan yang menelan ratusan korban jiwa, Iriawan pun mengemukakan catatan penting terkait kondisi stadion.

"Banyak kekurangannya, single seat yang belum ada, kemudian tribune berdiri itu nantinya tidak boleh," jelas Iriawan.

Sosok yang kerap disapa Iwan Bule itu juga menyatakan sistem persepakbolaan di Indonesia akan diperbaiki. Guna mewujudkan hal tersebut, PSSI kelak akan didampingi FIFA.

"FIFA akan memberikan pendampingan untuk memperbaiki semua sistem persepakbolaan Indonesia, baik pengamanan, suporter dan lainnya," jelasnya.

"Ini mereka [Arema FC] juga masih menyewa punya pemerintah daerah. Mungkin pemeliharaan juga terbatas. Oleh karena itu, kemarin Presiden Joko Widodo akan melakukan renovasi sesuai dengan aturan yang mendekati atau sama dengan FIFA," sambung Iriawan dikutip dari Antara.

Sebelumnya PSSI juga sempat menyebut perwakilan FIFA dan AFC akan datang melakukan investigasi di Kanjuruhan.

Tragedi Kanjuruhan pecah setelah laga Arema FC vs Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 selesai. Beberapa suporter masuk ke lapangan yang kemudian direspons dengan gas air mata dari aparat keamanan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Malang korban meninggal dunia akibat tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur sebanyak 131 orang, sementara 440 orang mengalami luka ringan dan 29 orang luka berat.

[Gambas:Video CNN]

(nva/har)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER