Apa Itu PT Liga Indonesia Baru atau LIB?

CNN Indonesia
Jumat, 07 Okt 2022 12:10 WIB
PT Liga Indonesia Baru (LIB) memiliki kaitan erat dengan sepak bola dalam negeri, khususnya kompetisi di Indonesia. PT Liga Indonesia Baru menggantikan posisi PT Liga Indonesia. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) terseret dalam kasus tragedi Kanjuruhan setelah Direktur Utama Akhmad Hadian Lukita ditetapkan Polri menjadi salah satu tersangka. Lantas apa sebenarnya PT LIB?

PT LIB memiliki kaitan erat dengan sepak bola dalam negeri. Badan yang berdiri pada 16 Maret 2017 itu adalah operator atau penyelenggara kompetisi sepak bola di Indonesia.

Posisi PT LIB seperti Lega Serie A di Italia atau Liga Nacional de Futbol Profesional di Spanyol. Lega Serie A dan LFP merupakan badan penyelenggara liga sepak bola di kedua negara Eropa tersebut.

Sebelum PT LIB berdiri kompetisi sepak bola diselenggarakan oleh PT Liga Indonesia (PT LI) yang merupakan lanjutan dari Badan Liga Indonesia (BLI).

Ketua Umum PSSI periode 2016-2020, Edy Rahmayadi, meresmikan keberadaan PT LIB menggantikan PT LI dalam pelaksanaan Liga 1 2017 yang merupakan kompetisi anyar dalam sepak bola Indonesia setelah FIFA menjatuhkan sanksi pada 2015.

Berlinton Siahaan merupakan Direktur Utama PT LIB yang pertama. Selanjutnya pada 2019 posisi Berlinton digantikan Dirk Soplanit. Setahun berselang giliran Cucu Somantri yang menempati posisi tersebut.

Banner live streaming MotoGP 2022

Akhmad Hadian Lukita kemudian terpilih menjadi Direktur Utama PT LIB pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar 13 Juni 2020.

Di level direksi terdapat nama lain seperti Sudjarno yang menduduki posisi Direktur Operasional, serta Rudy Kangdra sebagai Direktur Bisnis, dan Anthony Chandra Kartawiria yang menjabat Direktur Keuangan.

Sementara Komisaris Utama PT LIB ditempati Juni Ardianto Rahman. Selain itu ada lima nama yang menjadi Komisaris PT LIB yakni Leo Siegers, Andogo Wiradi, Ferry Paulus, Munafri Arifuddin, dan Endri Erawan.

Sebanyak 99 persen saham PT LIB dimiliki 18 klub Liga 1, sementara satu persen sisanya dipunyai PSSI.

PT LIB tak sepenuhnya menjadi operator kompetisi Indonesia, hanya menjadi penyelenggara bagi Liga 1, Liga 2, dan Liga 1 U-20.

[Gambas:Video CNN]

(nva/har)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER