Kenapa Gol Penalti Palestina ke Gawang Indonesia U-17 Dianulir?

jun | CNN Indonesia
Jumat, 07 Okt 2022 22:18 WIB
Timnas Palestina U-17 sempat mencetak gol lewat eksekusi penalti saat melawan Indonesia namun ternyata dianulir wasit. Timnas Indonesia kalahkan Palestina 2-0 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Palestina U-17 sempat mencetak gol lewat eksekusi penalti saat melawan Indonesia pada lanjutan Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17. Namun, gol tersebut dianulir.

Pada menit ke-54, Palestina yang sudah tertinggal 0-2 sebenarnya berpeluang memperkecil kedudukan melalui tendangan penalti Mohammed Zoghayyer.

Tendangan pertama Zoghayyer membentur mistar gawang dan memantul ke depan gawang tanpa tersentuh kiper Indonesia.

Zoghayyer kemudian mampu melakukan bola rebound untuk meneruskan bola dan sukses menjebol gawang Indonesia. Namun, wasit menganulir gol tersebut.

Berdasarkan peraturan terbaru IFAB untuk 2022/2023 ada sejumlah larangan untuk penendang penalti. Salah satunya adalah penendang penalti tidak boleh menyentuh bola lagi setelah tendangan dilakukan hingga bola mengenai pemain lain, baik rekan setim atau lawan.

Dalam tayangan ulang, tendangan Zoghayyer sebenarnya sudah melewati garis gawang Indonesia. Namun, wasit tidak menganggap hal tersebut sebagai sebuah gol.

Sebelumnya, Indonesia unggul 1-0 di babak pertama berkat gol bunuh diri bek Palestina Palestina Ibrahim Alfuqaha pada menit kesembilan.

Alih-alih membuang bola umpan silang Habil Abdilah di kotak penalti, bola justru berbelok arah dan masuk ke gawang sendiri.

Di babak kedua, tepatnya di menit ke-50, Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat tendangan jarak jauh Habil Abdillah.

Habil melepaskan tendangan lambung yang tampak seperti untuk mengumpan. Tetapi tembakannya justru mengalir lebih deras dan mengarah ke gawang Palestina hingga masuk.

Kemenangan ini membawa Indonesia ke puncak klasemen Grup B menggeser posisi Malaysia. Skuad Garuda Asia kini mengemas sembilan poin atau unggul dua angka dari Malaysia yang berada di posisi kedua.

Selanjutnya Indonesia akan menghadapi Malaysia pada laga pamungkas Grup B, Minggu (9/10). Duel ini sekaligus penentu juara grup untuk memastikan satu tiket otomatis ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

(jun/jun)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER