Tiru Saudi, Rakyat Jepang Tuntut Libur Nasional Usai Tekuk Jerman

ikw | CNN Indonesia
Kamis, 24 Nov 2022 19:51 WIB
Rakyat Jepang menuntut pemerintah meniru Arab Saudi yang memberi libur nasional setelah meraih kemenangan di Piala Dunia  2022. Rakyat Jepang minta libur nasional usai mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2022 (Kyodo News via AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rakyat Jepang menuntut pemerintah memberikan libur nasional usai timnas Jepang mengalahkan Jerman 2-1 pada babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Khalifa International, Rabu (23/11).

Euforia rakyat Jepang membuncah beberapa titik kota besar Negeri Matahari Terbit usai pertandingan. Kerumunan orang tumpah ke jalanan untuk merayakan kemenangan meski hari sudah tengah malam.

Selain bersorak gembira usai kemenangan dramatis Samurai Blue, rakyat Jepang juga menggelorakan aspirasi agar pemerintah setempat memberikan libur nasional. Rakyat meminta pemerintah Jepang meniru Arab Saudi yang menyatakan satu hari libur nasional usai menang atas Argentina.

"Kemenangan di hari Rabu menimbulkan perayaan besar-besaran di persimpangan Shibuya dan meminta Perdana Menteri Fumio Kishida untuk mengikuti Arab Saudi yang memberi libur nasional," tulis The Guardian.

Seorang pekerja asal Tokyo, Yui Sasaki yang ikut merayakan kemenangan Jepang mengaku keberhasilan Yuto Nagatomo dan kawan-kawan merupakan keajaiban. Ia masih tidak percaya Jepang bisa mengalahkan tim sekuat Jerman.

"Kalau boleh jujur, sebelum pertandingan saya berpikir bahwa butuh keajaiban bagi Jepang untuk menang," ujar Sasaki.

[Gambas:Video CNN]

Sementara seorang guru di Jepang, Misae Minami, optimistis negaranya bisa menepis keraguan para pengamat sepak bola terhadap Samurai Blue.

"Kebanyakan orang berharap Jerman menang, tapi saya yakin pemain muda Jepang sudah banyak berkembang karena mereka banyak bermain untuk klub Jerman," ujar Minami.

Jepang saat ini berada di urutan kedua Grup E Piala Dunia dengan tiga poin. Sementara urutan pertama dipegang oleh Spanyol yang menang besar 7-0 atas Kosta Rika.

(ikw/har)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER