5 Tim Unggulan Terancam Gagal ke 16 Besar Piala Dunia 2022

CNN Indonesia
Selasa, 29 Nov 2022 13:20 WIB
Piala Dunia 2022 memasuki pertandingan pemungkas babak grup mulai Selasa (29/11) dan lima tim unggulan terancam gagal ke babak 16 besar. Jerman dalam posisi terancam gagal lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. (REUTERS/KAI PFAFFENBACH)
Jakarta, CNN Indonesia --

Piala Dunia 2022 memasuki pertandingan pemungkas babak grup mulai Selasa (29/11) dan lima tim unggulan terancam gagal ke babak 16 besar.

Ini terjadi karena sejumlah kejutan terjadi. Sejak pertandingan pertama, kejutan demi kejutan terjadi di pesta sepak bola sejagad ini. Mulanya kekalahan Qatar dari Ekuador.

Dalam sejarah Piala Dunia, baru kali ini tuan rumah takluk dalam laga pembukaan. Biasanya tuan rumah selalu bisa meraih kemenangan atau minimal meraih poin satu karena imbang.

Setelah itu banyak hasil tak terduga terjadi. Tim-tim unggulan yang biasanya tampil digdaya tak berkutik hingga dipermalukan lawan. Hal ini membuat posisi mereka terancam.

Berikut ini lima tim unggulan yang terancam gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Argentina

Kekalahan 1-2 Argentina dari Arab Saudi (22/11) membuat posisi La Albiceleste di tubir jurang. Karenanya laga pemungkas melawan Polandia (30/11) harus dimenangkan Lionel Messi dkk.

Jika kalah dari Polandia, Argentina otomatis tersingkir. Seandainya imbang, posisi Argentina tergantung hasil pertandingan Arab Saudi versus Meksiko yang digelar pada jam yang sama.

Bila Arab Saudi menang, tertutup peluang Argentina. Sebaliknya jika Meksiko yang menang, masih ada peluang lolos, asalkan kemenangan itu hanya dengan selisih satu sampai dua gol.

Jerman

Saat ini Jerman jadi juru kunci klasemen sementara Grup E dengan poin satu. Dengan satu laga tersisa, melawan Kosta Rika pada Senin (1/12) dini hari WIB, Der Panzer di ujung tanduk.

Jika menang atas Kosta Rika, Jerman tetap bergantung hasil pertandingan Jepang versus Spanyol. Kalau yang menang Spanyol, Jerman dalam posisi aman ke babak 16 besar.

Sebaliknya, jika Jepang yang menang, jumlah gol kemenangan Jerman atas Kosta Rika jadi penentu. Seandainya Jepang dan Spanyol imbang, Jerman bisa lolos asal menang dengan selisih dua gol.

Belgia

Meski berstatus tim peringkat kedua FIFA, Belgia tak tampil mulus di Grup F Piala Dunia 2022. Malahan Kevin de Bruyne dan kawan-kawan akan gagal ke 16 besar jika kalah dari Kroasia.

Seandainya imbang, Kroasia akan lolos dan Belgia menanti hasil Kanada versus Maroko. Kalau Kanada menang, Belgia lolos ke 16 besar. Jika Maroko yang menang, Belgia pulang kampung.

Bila Kanada dan Maroko bermain imbang, sama artinya juga Belgia tersingkir. Karenanya Belgia harus menang atas Kroasia agar tidak perlu bergantung hasil laga tim lain.

Baca lanjutan artikel ini di halaman selanjutnya>>>

Uruguay dalam Posisi Sulit

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER