Profil Al Nassr, Klub Pemberi Tawaran Gila untuk Ronaldo

ikw | CNN Indonesia
Kamis, 01 Des 2022 10:50 WIB
Al Nassr menjadi klub yang tertarik mendatangkan Cristiano Ronaldo dengan mengajukan tawaran yang terbilang fantastis. Al Nassr siap rekrut Cristiano Ronaldo dengan tawaran fantastis. (REUTERS/PEDRO NUNES)
Jakarta, CNN Indonesia --

Klub Liga Arab Saudi, Al Nassr memberi tawaran gila untuk Cristiano Ronaldo senilai 200 juta euro atau setara Rp3,2 triliun per tahun. Berikut profil Al Nassr.

Klub yang berbasis di Mrsool Park, Riyadh tersebut dibentuk pada 1955. Al Nassr tercatat menjadi salah satu klub paling sukses di Arab Saudi.

Al Nassr sudah menjuarai sembilan gelar Liga Arab Saudi, enam King's Cup, tiga Crown Prince's Cup, tiga Piala Federasi, dan dua Piala Super Saudi. Di level internasional, Al Nassr pernah menyabet Piala Super Asia satu kali pada 1998 dan Gulf Cup Club Champions League pada 1996 dan 1997.

Di awal masa berdiri, Al Nassr sempat berstatus klub amatir dan berlatih di sebuah lapangan kecil di Gashlat Al Shortah. Namun lima tahun kemudian pada 1960, pangeran Arab Saudi saat itu Abdul Rahman bin Saud Al Saud mengakuisisi Al Nassr sebagai pemimpin klub.

Al Nassr kemudian promosi ke kasta tertinggi sepak bola Arab Saudi pada 1963. Perlahan tapi pasti, Al Nassr akhirnya meraih gelar Liga Arab Saudi pertama pada 1975. Mereka mencapai kejayaan di bawah kepemimpinan pangeran Arab Saudi.

Kedekatan dengan keluarga kerajaan otomatis membuat keuangan Al Nassr selalu mumpuni untuk mendatangkan nama besar. Keluarga kerajaan Arab Saudi silih berganti menjadi presiden klub.

Saat ini Al Nassr dipimpin oleh Musalli Al Muammar. Ia adalah mantan Analis Olahraga di kanal Al Arabiya dan eks presiden Liga Arab Saudi. Al Muammar dikenal dekat dengan pangeran Khalid bin Fahd bin Abdulaziz yang menjabat dewan kehormatan klub Al Nassr.

Uang yang melimpah membuat Al Nassr mampu mendatangkan beberapa nama bintang di klub tersebut seperti David Ospina, Luis Gustavo, hingga saat ini striker timnas Kamerun Vincent Aboubakar.



Kiper ikonik asal Kolombia, Rene Higuita pernah menjabat sebagai pelatih kiper pada 2011 hingga 2016. Legenda timnas Italia, Fabio Cannavaro juga pernah eksis di Al Nassr sebagai pelatih pada 2015 lalu. Namun peraih juara Piala Dunia 2006 itu hanya enam bulan bertahan di Al Nassr.

Kini, Ronaldo dikabarkan tertarik bergabung dengan Al Nassr. Pemain 37 tahun itu akan menjadi atlet dengan bayaran termahal di dunia jika merapat ke Liga Arab Saudi.

[Gambas:Video CNN]



(ikw/sry)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER