Hasil Piala Dunia: Jerman Gagal ke 16 Besar Usai Hajar Kosta Rika 4-2

CNN Indonesia
Jumat, 02 Des 2022 04:00 WIB
Jerman gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 meski menang 4-2 atas Kosta Rika pada laga terakhir Grup E di Stadion Al Bayt, Jumat (2/12) dini hari WIB. Jerman gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. (REUTERS/MOLLY DARLINGTON)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Jerman hajar Kosta Rika 4-2 pada laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Jumat (2/12) dini hari WIB. Meski demikian Jerman gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Jerman unggul 1-0 atas Kosta Rika pada babak pertama lewat gol Serge Gnabry pada menit ke-10. Pada awal babak kedua Jerman langsung menyerang Kosta Rika guna menambah gol sekaligus membuka kans lolos ke babak 16 besar.

Jamal Musiala hampir membawa Jerman unggul kembali pada menit ke-61. Akan tetapi tendangan kaki kiri Musiala membentur tiang kanan gawang Navas. Bola rebound juga gagal disambar Musiala.

Antonio Rudiger membuang peluang pada menit ke-62 setelah umpan silang Joshua Kimmich yang disambar dengan kaki kanan gagal mengarah ke gawang Kosta Rika.

Tendangan melengkung Jamal Musiala pada menit ke-67 dari luar kotak penalti membentur tiang kiri.

Jerman berbalik tertinggal 1-2 dari Kosta Rika pada menit ke-70. Bermula dari tendangan bebas Joel Campbell dari sisi kiri, bola disundul Kendall Waston.

Celso Borges menyundul lagi bola itu. Saat bola melayang di udara, Juan Vargas dengan sedikit akrobatik menendang bola itu dan masuk ke gawang manuel Neuer.

Kai Havertz mengubah skor imbang 2-2 pada menit ke-72 setelah menerima assist Niclas Fullkrug.

Keylor Navas membuat penyelamatan krusial pada menit ke-76. Leroy Sane dari sisi kiri memberikan umpan silang kepada Niclas Fullkrug.

Akan tetapi sontekan Fullkrug yang sudah di depan gawang kosta Rika masih bisa ditepis Keylor Navas.

Havertz mencetak gol kedua dalam pertandingan ini pada menit ke-85 setelah memanfaatkan assist Gnabry. Gol itu juga yang kembali membawa Jerman unggul 3-2.

Fullkrug sempat membobol gawang Kosta Rika pada menit ke-89. Akan tetapi gol itu dianulir karena Leroy Sane lebih dahulu offside.

Meski demikian wasit Stephanie Frappart melihat VAR guna memastikan insiden itu. VAR memutuskan gol Fullkrug sah, Jerman menjauh dengan keunggulan 4-2 atas Kosta Rika.

Jerman terus menggempur pertahanan Kosta Rika pada sisa laga. Sejumlah peluang didapat Die Mannschaft, akan tetapi tidak ada tambahan gol.

Meski menang 4-2 atas Kosta Rika, Jerman tetap gagal lolos ke babak 14 besar Piala Dunia 2022. Tim asuhan Hansi Flick ini kalah selisih gol dari Spanyol yang kalah 1-2 dari Jepang.

Susunan Pemain Kosta Rika vs Jerman:

Kosta Rika XI: Navas, Vargas, Waston, Duarte, Oviedo, Tejeda, Borges, Fuller, Campbell, Aguilera, Venegas

Jerman XI: Neuer, Rudiger, Raum, Kimmich, Goretzka, Gnabry, Muller, Musiala, Sule, Sane, Gundogan

[Gambas:Video CNN]



(sry/jun)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER