PIALA DUNIA 2022

Kisah Menarik Messi Hampir Jadi Warga Negara Australia

CNN Indonesia
Sabtu, 03 Des 2022 17:21 WIB
Penulis buku Biografi Lionel Messi, Guillem Balague, mengungkapkan fakta menarik jika keluarga La Pulga pernah hampir pindah ke Australia. Lionel Messi pernah hampir pindah ke Australia. (REUTERS/DYLAN MARTINEZ)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penulis buku Biografi Lionel Messi, Guillem Balague, mengungkapkan fakta menarik jika keluarga La Pulga pernah hampir pindah ke Australia.

Argentina bakal berjumpa Australia pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Ahmad Bin Ali, Qatar pada Minggu (4/12) dini hari WIB.

Jelang laga tersebut sebuah fakta menarik terungkap. Penulis buku Biografi Lionel Messi, Guillem Balague menyebut jika orang tua Lionel Messi pernah hampir pindah ke Australia karena krisis ekonomi di Argentina.

"Messi adalah anugerah yang sempurna. Dia pergi dari Argentina pada waktu yang tepat, ke klub yang tepat yang menguntungkan gayanya, kemudian menemukan manajer yang sempurna untuk membantunya berkembang. Sepanjang jalan dia tidak terluka, memiliki keluarga yang tepat. Banyak hal [berjalan dengan benar] untuk membentuk Messi," kata Balague kepada KEEPUP.

"Tapi jalannya itu bisa sangat berbeda. Ketika itu di Argentina, ada krisis. Uang kehilangan nilainya. Tidak ada pekerjaan. Dan banyak orang Argentina yang pergi ke Eropa atau tempat lain sebagai emigran," ucap Balague.

Situasi sulit itu membuat ayah Lionel Messi berencana memboyong keluarganya pindah ke Australia.

[Gambas:Video CNN]


"Ini cerita yang biasa yang disampaikan Jorge Messi [ayah Leo Messi]. Sebelum Leo lahir ada rencana pergi ke Australia untuk tinggal, mengapa tidak? [kata ayah Messi]. Ketika Anda punya solusi untuk masalah Anda yaitu pindah ke luar negeri, tidak masalah ke mana Anda pergi. Dan mereka mengenal orang-orang yang pernah datang ke Australia," kata Balague.

Tetapi, ayah Messi mengurungkan niat untuk pindah dari Argentina ke Australia hingga akhirnya Messi lahir.

"Akhirnya keputusannya adalah tetap bertahan. Leo lahir. Saat dia berusia 12 tahun, akhirnya mendapat trial ke Barcelona. Tunggu sebentar, bayangkan ini. Bagaimana jika Leo Messi lahir di Australia. Akan sangat menarik untuk membayangkan apa yang akan terjadi jika mereka pergi," ucap pria yang juga menulis biografi Cristiano Ronaldo dan Pep Guardiola itu.

"Apakah dia akan menjadi Leo Messi yang sama? Kesimpulan saya, setelah memikirkannya sebentar, adalah bahwa Leo Messi akan memainkan babak 16 besar Piala Dunia di Qatar bersama timnas Australia. Dan kami akan memandangnya dan berkata, Tuhan, dia baik, bukan? Dia punya sesuatu, bukan? Dan terkadang dia melakukan sesuatu, bukan? Dan itu saja," kata Balague menambahkan.



(rhr/nva)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER