Shin Sang Gyu: Fisik Timnas Indonesia Hancur Jelang Piala AFF

CNN Indonesia
Sabtu, 03 Des 2022 19:30 WIB
Pelatih fisik Timnas Indonesia Shin Sang Gyu membeberkan kondisi fisik pemain hancur lebih menjelang tampil di Piala AFF 2022. Fisik pemain Timnas Indonesia masih bermasalah jelang Piala AFF 2022. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelatih fisik Timnas Indonesia Shin Sang Gyu membeberkan kondisi fisik pemain hancur lebih menjelang tampil di Piala AFF 2022.

Karena itu fokus utama tim pelatih Timnas Indonesia saat ini adalah memperbaiki fisik. Dengan waktu sekitar tiga pekan menjelang laga perdana melawan Kamboja pada 23 Desember, fisik pemain diharapkan siap.

"Memang kekuatan dan fisik dasar sangat kurang saat ini. Apalagi harusnya liga berjalan, dengan adanya Tragedi [Kanjuruhan] kemarin, jadi mau tidak mau liga sedang berhenti," kata Sang Gyu.

"Jadi mempertahankan fisik pemain susah sekali. Kita memang TC [pemusatan latihan] dipercepat. Jadi saat ini kita fokus agar meningkatkan fisik dasar pemain," ucapnya dilansir dari YouTube PSSI.

Dalam pandangan Sang Gyu, latihan di gym untuk memperkuat otot sangat penting. Tampil dalam kejuaraan dengan jadwal padat dan bolak-balik naik pesawat akan sangat menguras fisik.

Karenanya fisik pemain harus benar-benar prima. Jika tidak pemain akan tampil tidak maksimal. Dampaknya lawan bisa mempermainkan Indonesia dalam pertandingan dengan intensitas tinggi.

[Gambas:Video CNN]


"Memang latihan dua hari ini sangat penting, tetapi memang harus dirutinkan. Kalau misalnya kemarin kita pakai alat, hari ini tidak, tetapi tetap muscle atau otot yang digunakan sama saja," ucap Sang Gyu.

"Penggunaan alat untuk difokuskan ke otot yang sangat penting buat pemain bola. Hari ini fokusnya ke seluruh badan dan latihan dua hari ini memang sangat penting," ujarnya menjelaskan.

Dari sepekan latihan, Sang Gyu melihat kondisi sebagian besar pemain tidak optimal. Memperbaiki kondisi fisik pemain yang tak bertanding dalam dua bulan dinilai sangat sulit, namun bukan mustahil.

"Banyak yang masih kurang dari para pemain. Sebenarnya susah sekali untuk meningkatkan fisik pemain secara singkat menjadi maksimal, seperti yang dijelaskan coach Shin di TC sebelumnya," ujar Sang Gyu.

"Pemain harus sudah ada persiapan yang matang terlebih dahulu sebelum bergabung ke Timnas. Kalau begitu pasti akan lebih mudah lagi saat bergabung. Di Timnas kondisi pemain power dan staminanya masih kurang," kata Sang Gyu menambahkan.

Sebagai siasat, pertandingan pertama dan kedua Piala AFF, melawan Kamboja (23/12) dan Brunei (26/12) akan dijadikan sarana meningkatkan fisik. Pemain diharapkan prima saat jumpa Thailand (29/12).

"Ada dua pertandingan sebelum lawan Thailand dan kedua pertandingan ini bisa meningkatkan fisik. Sambil menjalani turnamen pasti akan mempertahankan fisik yang sudah terbentuk nantinya," kata Sang Gyu.



(abs/rhr)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER