Stadion 974 Langsung Dibongkar usai Jadi Saksi Brasil Hancurkan Korsel

CNN Indonesia
Selasa, 06 Des 2022 06:52 WIB
Stadiom 974 dirancang untuk mengatasi kekhawatiran bahwa Qatar menghabiskan miliaran dolar untuk pembangunan stadion, namun terbengkalai setelahnya Stadion 974 di Doha langsung dibongkar usai pungkas menggelar tujuh laga di Piala Dunia 2022 Qatar. (AP/Hussein Sayed)
Jakarta, CNN Indonesia --

Stadion 974 di Ras Abu Aboud, Doha, Qatar resmi dibongkar usai menjadi saksi kebrutalan Brasil mengempaskan Korea Selatan 4-1 di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Selasa (6/12) dini hari WIB.

Stadion 974 memang dibangun sebagai stadion tambahan tempat gelaran Piala Dunia 2024. Stadion ini dibangun dengan susunan sebanyak 974 kontainer, sebagai bagian dari semangat efisiensi Qatar dalam menyelenggarakan Piala Dunia.

Stadion dengan kapasitas 44 ribu penonton tersebut pungkas menjadi panggung tujuh pertandingan Piala Dunia sejak dibuka pada November lalu. Stadion 974 menjadi stadion pertama di Piala Dunia yang dapat dibongkar sepenuhnya.

"Penyelenggara telah berjanji untuk membongkarnya, mengemasnya, menaruhnya di kapal dan memasangnya kembali di luar negeri," tulis laporan Financial Times, Selasa (6/12).

Kabar yang beredar bongkaran stadion tersebut akan dibawa ke suatu tempat di Afrika, tetapi kabar terbaru menunjukkan bahwa hasil pembongkaran stadion 974 mungkin berakhir di Uruguay.

Stadion 974 dirancang untuk mengatasi kekhawatiran bahwa Qatar menghabiskan miliaran dolar untuk pembangunan stadion, namun terbengkalai setelahnya. Kendati demikian, pembangunan Qatar memastikan kursi-kursi stadion yang dibongkar tersebut akan disumbangkan ke negara-negara lain yang tengah mengembangkan program sepak bola.

"Qatar telah berjanji untuk memberikan sekitar 170.000 kursi setelah peluit akhir," tulis laporan Financial Times.

Stadion 974 menjadi saksi Brasil memastikan langkah ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah menang telak 4-1 atas Korea Selatan pada 16 besar Piala Dunia 2022, Selasa (6/12).

Empat gol diciptakan Brasil di babak pertama. Tim asuhan Tite itu menunjukkan performa luar biasa di 45 menit pertama. Vinicius Jr., Neymar, Richarlison, dan Lucas Paqueta bergantian membobol gawang Korea. Korea akhirnya mencetak satu gol balasan lewat Paik Seung Ho di babak kedua.

[Gambas:Video CNN]



(ain/ptr)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER