Profil Jeonnam Dragons, Klub yang Diklaim Jadi Pelabuhan Baru Asnawi

CNN Indonesia
Rabu, 25 Jan 2023 14:02 WIB
Jeonnam Dragons disebut akan menjadi destinasi selanjutnya dalam karier Asnawi Mangkualam di Korea Selatan. Asnawi Mangkualam disebut akan bergabung dengan Jeonnam Dragons. (AP/Nguyen Manh Quan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jeonnam Dragons disebut akan menjadi destinasi selanjutnya dalam karier Asnawi Mangkualam di Korea Selatan.

Asnawi seperti dilaporkan Chosun hanya tinggal menjalani tes medis. Begitu proses ini selesai maka Asnawi akan resmi pindah dari Ansan Greeners menuju Jeonnam.

Jeonnam merupakan tim yang sama seperti Ansan berkompetisi di kompetisi kasta kedua Korsel atau K League 2. Namun dari segi historis, Jeonnam memiliki cerita yang lebih panjang ketimbang Ansan yang baru berdiri enam tahun silam.

Klub yang berbasis di Gwangyang itu berdiri tahun 1994 atau sekitar 29 tahun lalu dengan nama Chunnam Dragons. Jeonnam juga pernah berkiprah di pentas K League 1.

Jeonnam sempat 24 musim berkiprah di kompetisi kasta tertinggi Korsel. Jeonnam sempat beberapa kali menempati zona papan atas dengan prestasi terbaik finis kedua tahun 1997 silam.

Namun Jeonnam turun kasta tahun 2018. Hingga kini, Jeonnam sudah lima musim terakhir berkiprah di K League 2.

Pencapaian lebih baik diukir Jeonnam dalam ajang Piala FA Korsel. Tim yang bermarkas di Stadion Gwangyang itu empat kali jadi yang terbaik.



Gelar pertama diraih Jeonnam tahun 1997. Setelah itu, Jeonnam mampu kembali jadi yang terbaik tahun 2006, 2007, dan 2021.

Di level Asia, tim berjulukan Dragon Dungeon itu nyaris menjadi juara Asian Cup Winners' Cup. Di partai puncak, Jeonnam takluk 2-3 dari Al Ittihad tahun 1998.

[Gambas:Video CNN]



(jal/sry)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER