ANALISIS

Manchester City vs RB Leipzig, Jalan Mulus The Citizens ke 8 Besar

Muhammad Ikhwanuddin | CNN Indonesia
Selasa, 14 Mar 2023 07:23 WIB
Manchester City akan menjamu RB Leipzig pada leg kedua 16 besar Liga Champions. Man City punya peluang bagus lolos ke perempat final. Manchester City masih mengusung misi merebut trofi Liga Champions. (Action Images via Reuters/JASON CAIRNDUFF)
Jakarta, CNN Indonesia --

Manchester City akan menjamu RB Leipzig pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2022/2023 di Etihad Stadium, Rabu (15/3) WIB. Ini akan menjadi laga pemulus jalan The Citizens menuju perempat final.

Kembali ke panggung Eropa, City melenggang dengan penuh gaya. Sudah delapan pertandingan tim besutan Pep Guardiola tak terkalahkan di semua ajang yang tersedia.

Ini menandakan City sebagai salah satu tim adidaya. Kesempatan treble winner masih terbuka bagi mereka jika mampu konsisten di semua laga sisa.

Liga Champions menjadi rintangan terdekat karena mereka perlu menumbangkan Leipzig demi satu tiket di babak delapan besar. Skor 1-1 di leg pertama membuat kedua kubu punya kesempatan yang sama.

Di satu sisi, tak berlakunya peraturan gol tandang membuat City tak bisa berleha-leha berharap hasil imbang tanpa gol. Kemenangan menjadi hal wajib bagi Kevin De Bruyne dan kawan-kawan demi satu tembus ke tahap berikutnya.

City punya rapor apik kala bersua wakil Jerman. Sudah tiga kali The Citizens bertemu tim Jerman di babak 16 besar pada empat edisi terakhir. Seluruhnya berakhir dengan kemenangan.

Manchester Biru tentu tak ingin rekor tiga kemenangan lawan klub Jerman ternodai. Bekal kemenangan beruntun dari empat pertandingan terakhir musim ini juga seharusnya menjadi tambahan motivasi para pemain.

Menyambut Leipzig di kandang, City bisa menurunkan kekuatan penuh. Masalah fisik pada Phil Foden agaknya bukan kendala bagi Guardiola untuk mencari opsi lain.



Jack Grealish dapat jadi pilihan utama. Pemain 27 tahun itu menjadi tumpuan di sisi kiri City dengan catatan 21 penampilan plus kontribusi tiga gol dan empat assist.

Keputusan Guardiola menaruh Kevin De Bruyne, Riyad Mahrez, dan Kyle Walker di bangku cadangan sangat tepat ketika melawan Crystal Palace tempo hari. Ketiga pemain itu dapat menjadi kekuatan utama City di Liga Champions nanti.

Komposisi pemain elite ditambah hasil konsisten di beberapa pertandingan terakhir menjadi indikasi kuat Manchester City bakal melenggang ke perempat final. Leipzig tak akan menjadi batu sandungan besar bagi City kali ini.

Baca lanjutan berita ini di halaman berikut >>>

Menakar Kemungkinan Antiklimaks di Panggung Eropa

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER