IIMS HYBRID 2022

Sensasi Menyentuh Toyota Innova Listrik

CNN Indonesia
Jumat, 01 Apr 2022 09:44 WIB
Innova EV concept secara keseluruhan masih menggunakan desain Kijang Innova. Toyota Innova EV di IIMS Hybrid 2022, JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia --

Toyota Innova bertenaga listrik untuk kali pertamanya muncul di acara pembukaan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) hybrid 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (31/3). Penampilannya sangat mengejutkan karena sudah lama dinanti para penggiat otomotif lokal.

Informasi tentang mobil ini masih minim karena memang masih konsep, dan dalam waktu dekat baru akan diluncurkan di Indonesia. Namun, CNNIndonesia.com sempat menyentuh dan melihat detail interiornya dari luar karena pintu mobil dalam kondisi terkunci.

Innova EV (electric vehicle) concept secara keseluruhan masih menggunakan desain Kijang Innova. Namun, mobil listrik Innova menggunakan gril tertutup, ada tambahan emblem 'EV' pada sisi samping dan belakang, logo aksen biru dan tentunya tidak ada knalpot.

Logo beraksen biru ini menjadi ciri khas pada setiap mobil "hijau" milik Toyota.

Toyota Kijang Innova ListrikToyota Kijang Innova Listrik. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama)

Dilihat dari luar bagian interiornya masih meminjam punya Innova. Kemudian pada bagian jok terdapat jahitan bordir bertuliskan Innova EV.

Kemudian bagian jok tengah terlihat menggunakan model captain seat dan sudah dilengkapi meja kecil di depan penumpang. Meja ini menempel di bagian belakang kursi depan.

Menariknya, tuas transmisi mobil ini sudah dihilangkan. Pengaturan transmisi mobil yang sepenuhnya listrik tersebut sudah mengadopsi sistem tombol.

Sementara sistem spidometer terlihat masih analog, tidak digital laiknya mobil listrik kebanyakan. Kabar yang berhembus, platform pada model listrik sudah dibuat berbeda dari versi konvensional, yaitu e-TNGA.

Toyota Kijang Innova ListrikBagian bawah belakang Toyota Kijang Innova EV. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama)

Ketika melongok ke bagian bawah, roda depan masih pakai suspensi coil spring, dan belakang mengandalkan shock absorber yang dikaitkan pada casisnya. Desainnya relatif ringkas.

Pantauan CNNIndonesia.com, ada dua buah "balok dengan dua ukuran sama di bawah. Diduga itu merupakan komponen baterai.

Toyota Kijang Innova ListrikCaptain seat di Toyota Kijang Innova listrik. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama)

Mobil listrik pertama studi di Indonesia

Menurut perusahaan mobil masih dalam pengembangan. Proyek studi memilih utilisasi Kijang Innova yang telah dikenal sebagai mobil keluarga legendaris Indonesia karena telah memiliki kandungan lokal tinggi.

Merek Jepang ini juga menyebut Kijang Innova BEV concept ini juga bertujuan mengeskalasi kemampuan engineer Indonesia serta mengembangkan kapabilitas SDM nasional di bidang elektrifikasi.

Dengan memilih model lokal, menurut perusahaan ekosistem industri otomotif yang sudah ada dapat dijaga dan mampu mengembangkan rantai pasokan baru untuk beradaptasi dengan teknologi elektrifikasi di masa depan.

[Gambas:Video CNN]



(ryh/mik)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER