Pertama Kali di China, Warga Beijing Kini Bisa Naik Taksi Robot

CNN Indonesia
Sabtu, 30 Apr 2022 05:00 WIB
Baidu dan perusahaan kendaraan otonom Pony.ai menghadirkan taksi nirawak atau taksi robot di China. Kini taksi robot bisa dinikmati oleh warga Beijing. Baidu dan perusahaan kendaraan otonom Pony.ai menghadirkan taksi nirawak atau taksi robot di China. Kini taksi robot bisa dinikmati oleh warga Beijing. (REUTERS/POOL).
Jakarta, CNN Indonesia --

Baidu dan perusahaan kendaraan otonom Pony.ai menjadi yang pertama kali menghadirkan taksi nirawak atau taksi robot di China. Kini taksi robot bisa dinikmati oleh warga yang tinggal di Beijing.

Layanan taksi robot ini pertama kali diperkenalkan pada Kamis (27/4). Setelah diluncurkan, taksi ini mulai menerima penumpang untuk menikmati layanannya lewat aplikasi masing-masing perusahaan.

Untuk saat ini, setiap perusahaan akan dibatasi pada area yang ditentukan seluas 37 kilometer persegi. Mereka juga harus menempatkan operator di kursi penumpang depan untuk mengambil alih jika terjadi keadaan darurat.

Dilansir dari CNN, layanan dari kedua perusahaan tersebut untuk saat ini masih ditawarkan secara gratis kepada penumpang.

Peluncuran armada taksi robot ini menandai langkah maju yang besar untuk teknologi self-driving di pasar mobil terbesar di dunia.

Lebih lanjut, Baidu terkenal dengan mesin pencarinya tetapi juga memiliki armada kendaraan otonom terbesar di Cina. Mereka disebut akan memulai programnya dengan 10 kendaraan dan akan menambahkan 30 lagi kemudian.

Selain di China, taksi robot juga telah beroperasi di Amerika Serikat (AS). Di sana, layanan taksi robot disediakan oleh Waymo, perusahaan yang dimiliki oleh Alphabet, induk perusahaan Google.

Dilansir dari Nikkei Asia, Waymo memulai layanannya di Phoenix pada Oktober 2020. Kini perusahaan tersebut telah menyediakan puluhan ribu kendaraan otonom penuh di berbagai kota.

Layanan taksi robot komersial pertama di dunia ini dapat dinikmati dari aplikasi Waymo One.

Istilah "robotaxi" telah ada selama bertahun-tahun, dan berbagai perusahaan di seluruh dunia tengah menguji layanan ride-hailing otonom untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan penumpangnya.

(loam/agt)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER