Wakil Menteri Dalam Negeri Wempi Wetipo Doyan Koleksi SUV

CNN Indonesia
Rabu, 15 Jun 2022 15:45 WIB
Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo memiliki harta Rp65 miliar, termasuk tujuh SUV dan satu sepeda motor. Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo memiliki harta Rp65 miliar, termasuk tujuh SUV dan satu sepeda motor. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia --

John Wempi Wetipo yang kini resmi menjabat Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) tercatat memiliki delapan unit kendaraan sebagai bagian dari kekayaannya menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

LHKPN Wempi ini terakhir disampaikan pada 19 Maret 2021 periodik 2020 atau saat masih menjabat sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dari sana diketahui Wempi punya tujuh unit mobil dan satu sepeda motor merek Yamaha lansiran 2014 dengan taksiran nilai Rp18 juta.

Salah satu mobil yang dipunyai Wempi adalah Toyota Kijang lansiran 2004, nilainya ditaksir Rp100 juta.

Lalu ada dua Jeep yang satu di antaranya model Wrangler. Wrangler itu merupakan produksi 2010 Rp550 juta dan yang satunya Rp1,75 miliar.

Mobil berikutnya dua SUV Toyota Fortuner. Satu model buatan 2015 senilai Rp450 juta dan lainnya lansiran 2018 dengan harga taksiran Rp550 juta.

Kemudian tercatat juga ada dua mobil Mitsubishi Outlander Sport yang masing-masing diproduksi pada 2014 senilai Rp300 juta.

Kedelapan mobil koleksi tersebut tercatat diperoleh berdasarkan hasil sendiri.

LHKPN menyebutkan jumlah total kekayaan Wempi mencapai lebih dari Rp65 miliar.

Selain kendaraan, alokasi kekayaan Wempi berupa aset tanah dan bangunan Rp7,3 miliar, harta bergerak di luar kendaraan Rp563 juta, serta kas dan setara kas mengumpulkan Rp513,9 juta.

Porsi terbanyak kekayaan Wempi terlihat berada pada sektor harta lainnya dengan nilai Rp52,9 miliar.

Selain Wempi, Presiden Jokowi juga melantik dua orang lainnya sebagai wakil menteri, yaitu Raja Juli Antoni yang dilantik menjadi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan Afriansyah Noor menjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Jokowi juga melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan dan mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER