EDUKASI DAN FITUR

Heboh Es Teh Milik Nagita, Apakah Gula Bisa Merusak Mesin Mobil?

CNN Indonesia
Selasa, 27 Sep 2022 10:01 WIB
Gula bisa menyumbat filter bensin dan memutus aliran bahan bakar ke ruang bakar. Ilustrasi. Gula bisa menyumbat filter bensin. (Foto: iStockphoto/Photosiber)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gula tengah riuh menjadi pembahasan di kalangan masyarakat di Tanah Air. Hal tersebut karena ulah perusahaan merek minuman Es Teh Indonesia yang somasi pelanggan yang mengkritik di media sosial.

Konsumen itu diketahui sempat memprotes merek dagang milik artis Nagita Slavina tersebut karena dinilai terlalu manis.

Terlepas dari fenomena tersebut, gula yang menjadi campuran pengubah rasa menjadi manis makanan maupun minuman ini kerap disebut sebagai zat yang memengaruhi kesehatan tubuh. Namun apakah gula dapat merusak mesin kendaraan?

Gula diketahui merupakan benda padat yang masuk ke dalam kategori karbohidrat. Satu butir gula ini memiliki ukuran kecil.

Jika Anda memasukannya ke dalam mesin, gula tidak akan larut di dalam bensin. Sejauh ini juga diakui belum ada temuan yang menyebutkan kasus di mana gula merusak mesin kendaraan.

"Kami belum pernah melihat mesin yang rusak atau hancur karena gula dalam tangki bensin, atau mendengar kasus yang benar-benar masuk akal atau mapan tentang hal ini," kata Mohammad Fatouraie, manajer teknik di Bosch, salah satu pemasok utama sistem bahan bakar industri otomotif, dan komponen kendaraan, mengutip Popular Mechanic, Selasa (27/9).

Sebuah kristal gula memiliki ukuran sekitar 200 mikron, ini termasuk dalam ukuran partikel kecil.

Sementara filter sistem bahan bakar kendaraan akan menangkap partikel yang jauh lebih kecil dari itu. Jadi, butiran gula dalam bensin akan tersaring oleh filter sebelum masuk ke ruang bakar.

Bahkan di mesin karburator, kecil kemungkinan gula akan masuk jauh ke ruang bakar.

Tapi bagaimana jika seseorang terlanjur menumpahkan gula ke tangki bensin?

Solusinya yakni dengan menguras bahan bakar sekaligus pompa bahan bakar. Bersihkan, termasuk yang berada pada sisi bawah tangki.

Sebab jika tak segera ditangani akan menyumbat filter bensin. Jika sudah kadung tersumbat, ada baiknya juga untuk mengganti filter dan kemudian memastikan semua bekerja seperti semula.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER