Chery Mulai Produksi Mobil di Indonesia

ryh | CNN Indonesia
Kamis, 29 Sep 2022 13:20 WIB
Chery mengumumkan mulai memproduksi mobil di Indonesia. Produksi perdana dimulai 20 September. Produksi perdana mobil China Chery dimulai Selasa, (20/9). (Foto: Arsip Chery Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Chery mengumumkan mulai memproduksi mobil di Indonesia. Produksi mobil merek China itu memanfaatkan pabrik rekanan milik Handal Indonesia Motor yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. Produksi perdana dimulai 20 September.

Tao Yong, President Director Chery Sales Indonesia menjelaskan produksi mobil Chery yang dimulai yaitu SUV TIGGO 7 PRO dan TIGGO 8 PRO yang totalnya mencapai 240 unit sebelum peluncuran bulan depan.

Pada tahap awal produksi ini seluruh unit dirakit menggunakan suku cadang yang diproduksi dari pabrik Chery Automobile di China.

"Dengan dimulainya produksi TIGGO 7 PRO dan TIGGO 8 PRO ini, kami ingin menguatkan keyakinan calon konsumen akan komitmen Chery di Indonesia," kata Yong dalam keterangan tertulis dikutip Kamis (29/9).

Ia menjelaskan walau proses produksi tahap awal masih dibantu pihak rekanan, namun proses kerja dan hasil tetap mengusung empat nilai utama dari prinsip Chery, yaitu green, root, link, dan technology.

Kilas balik Chery di Indonesia

Chery pernah beroperasi di Indonesia, namun hengkang karena tidak bisa bersaing dengan merek otomotif di Indonesia.

Chery pertama kali masuk ke Indonesia pada 2006 melalui Indomobil Group yang saat itu mendirikan perusahaan patungan bersama Chery Automobile Co.Ltd bernama Unicor Prima Motor.

Dari perusahaan ini mobil merek Chery mulai dipasarkan di Indonesia.

Produk Chery yang dipasarkan saat itu adalah Chery QQ sebagai citycar dan Tiggo yang merupakan Sport Utility Vehicle (SUV). Keagenan merek itu dilepas pada 2011.

Satu tahun kemudian, Chery kembali dengan bendera baru bernama Chery Mobil Indonesia (CMI). Pada tahun itu Chery merilis beragam produk mulai pikap hingga sedan.

Kendati begitu, pada 2013 merek Chery disebut-sebut tak lagi melakukan aktivitas jualan menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Berdasarkan data Gaikindo aktivitas jualan retail Chery terakhir dilakukan pada 2013, namun jumlahnya cuma tiga unit. Sedangkan pada periode yang sama tidak ada aktivitas wholesales atau distribusi ke dealer.

Sementara pada 2012 terekam masih ada aktivitas wholesales dengan angka 215 unit dan retail empat unit.

Kini Chery telah memiliki komitmen baru yang disebut lebih siap bersaing di pasar otomotif Indonesia. Chery tidak hanya akan jualan, melainkan juga berinvestasi, hingga berkontribusi pada industri mobil ramah lingkungan.

[Gambas:Video CNN]



(mik/mik)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER