Harga Mobil Toyota Diduga Naik per 1 Oktober, Imbas Pertalite Mahal?

CNN Indonesia
Jumat, 30 Sep 2022 03:27 WIB
Harga mobil baru Toyota di Indonesia bakal naik per 1 Oktober, hal ini diduga imbas kenaikan harga bahan bakar minyak. Harga mobil baru Toyota di Indonesia bakal naik per 1 Oktober, hal ini diduga imbas kenaikan harga bahan bakar minyak. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Toyota kabarnya akan mengerek naik harga sejumlah model yang dijual di Tanah Air, ini diduga dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Kenaikan harga itu bakal berlaku mulai 1 Oktober, mulai dari Rp2,5 juta hingga Rp10 juta.

Menurut data yang diungkap wiraniaga Toyota, kenaikan harga paling rendah ada pada model Calya dan Agya yang masing-masing Rp2,5 juta.

Kemudian Avanza dan Rush akan naik Rp3,5 juta, sementara Raize naik Rp4 juta. Lalu Sienta bakal naik Rp6 juta, Fortuner Rp8 juta dan Hilux Rp10 juta.

Kenaikan harga mobil umum terjadi sepanjang tahun, hitung-hitungannya berdasarkan banyak hal seperti harga bahan baku produksi, distribusi, biaya pemasaran dan lain-lain termasuk faktor eksternal seperti kenaikan BBM.

Pertamina, produsen BBM pelat merah telah meninggikan harga BBM subsidi, Pertalite dan Biosolar, pada awal bulan ini. Dua BBM itu, yang seharusnya buat warga kelas bawah, sudah bertahun-tahun digunakan tak sesuai target peruntukkannya.

Banderol per liter Pertalite naik dari Rp7.500 per liter menjadi Rp10 ribu per liter. Sedangkan Bisolar dari Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800 per liter.

Gejolak harga ini diprediksi memengaruhi kegiatan dan operasional bisnis otomotif, kemudian mau tidak mau berdampak kepada harga jual kendaraan.

Saat disinggung mengenai hal tersebut, Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy enggan memberikan keterangan lebih lanjut, termasuk memberi sanggahan.

Anton mengatakan pertanyaan tersebut bakal diurai rinciannya pada awal bulan depan.

"Nanti awal Oktober akan diinfo ya," kata Anton, Kamis (29/9).

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER