TIPS OTOMOTIF

Cara Menyingkirkan Tikus Bersarang di Mobil

CNN Indonesia
Minggu, 02 Okt 2022 13:48 WIB
Tikus terkadang menemukan mobil sebagai tempat nyaman buat bersarang, setidaknya ada 7 cara mengatasinya mulai dari yang simpel sampai ekstrem. Tikus terkadang menemukan mobil sebagai tempat nyaman buat bersarang, setidaknya ada 7 cara mengatasinya mulai dari yang simpel sampai ekstrem. (Toyota Astra Motor)
Jakarta, CNN Indonesia --

Binatang dapat bersarang di dalam mobil Anda, termasuk tikus, yang bisa merugikan di kemudian hari. Hewan pengerat yang satu ini tak cuma akan meninggalkan kotoran, tetapi juga bisa merusak apapun yang bisa digigit misalnya kabel.

Tanda mobil sudah disinggahi tikus yaitu saat Anda menemukan daun, sisa makanan, bau-bauan aneh, atau kotoran tikus. Banyak cerita menyebutkan bagian mobil yang kerap didatangi tikus adalah area mesin.

Meski begitu invasi tikus sebenarnya bisa dicegah, berikut tipsnya mengutip Auto2000.

Jaga kebersihan mobil

Hewan seperti tikus biasanya tak suka tempat bersih, jadi pastikan Anda rutin membersihkan mobil. Perhatikan lokasi yang biasanya luput dari perhatian, misalnya area mesin atau di bawah karpet kabin.

Pastikan sisa makanan yang berserakan atau bungkus makanan yang tertinggal disingkirkan karena dapat mengundang tikus datang.

Jangan parkir dekat selokan atau semak

Hindari parkir di tempat yang kemungkinan area aktivitas tikus, misalnya di dekat selokan, semak-semak, atau tempat pembuangan sampah.

Panaskan mobil setiap hari

Mobil yang parkir dalam waktu lama menciptakan kondisi nyaman buat binatang yang gemar tempat tenang dan lembab untuk bersarang. Memanaskan mesin membuat mobil bergetar dan menghasilkan panas yang dapat mengusir binatang.

Kapur barus

Kamper atau kapur barus dipercaya dibenci tikus sebab itu alat ini ampuh mengusirnya. Cara pakainya bisa disebar langsung ke sudut-sudut mobil atau dihancurkan dulu menjadi serpihan sebelum ditebar.

Pengusir tikus

Tidak semua orang punya toleransi bau kamper, alternatifnya yakni gunakan cairan khusus pengusir tikus yang bisa dibeli di toko perlengkapan otomotif.

Perlu dipahami semprotan ini sifatnya sementara, buat menjaganya bertahan lebih lama Anda dapat menyemprotkan ke kain lalu diletakkan di sudut-sudut mobil.

Ultrasonik pengusir tikus

Jika masalahnya sudah ekstrem, cara menyingkirkan tikus butuh 'alat berat' seperti ultrasonik pengusir tikus. Anda bisa membeli alat ini di toko perlengkapan otomotif atau secara online, namun perhatikan benar efeknya seperti dapat merusak interior atau komponen lain.

Cara kerja alat ini mengeluarkan suara ultrasonik yang tidak disukai tikus, lalu binatang ini akan pergi alami. Waktu penggunaannya bisa pada malam hari di area mesin menggunakan aliran listrik baterai (aki).

LED rendah voltase

Cara lain mengusir tikus yang lebih rendah energi yaitu memakai lampu LED rendah voltase di bawah 1 watt. Lampu ini bisa digunakan buat menerangi area mesin saat mobil parkir. Tikus tak mau datang ke tempat terang.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER