Kenapa Telat Bayar Pajak Kendaraan Bisa Ditilang Polisi?

fea | CNN Indonesia
Senin, 03 Okt 2022 20:59 WIB
Polisi bisa melakukan tilang bila kolom pengesahan di STNK tidak lengkap karena pemiliknya belum bayar pajak kendaraan. Polisi bisa melakukan tilang bila kolom pengesahan di STNK tidak lengkap karena pemiliknya belum bayar pajak kendaraan. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemilik kendaraan yang telat bayar pajak kendaraan tahunan bisa ditilang polisi. Alasan utamanya karena jika belum bayar pajak maka kolom pengesahan pembayaran di STNK belum ada stempelnya sehingga dianggap tidak sah.

Pada pojok kanan STNK terdapat empat kolom pengesahan di area 'Pengesahan' atau 'Validation'.

Bila pemilik sudah melakukan pembayaran pajak kendaraan pada tahun pertama maka petugas di Samsat akan menorehkan paraf dan stempel di kolom 1. Kemudian pada pembayaran kedua pengesahan dilakukan di kolom dua dan seterusnya.

Direktur Penegak Hukum (Dirgakkum) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Brigjen Pol Aan Suhanan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (1/10), menjelaskan dasar hukum pengesahan STNK adalah Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta peraturan turunannya.

"STNK sendiri sesuai dengan Pasal 70 berlaku 5 tahun dan setiap tahun harus dimintakan pengesahan. Ini poin penting ya, jadi setiap tahun harus dimintakan pengesahan dalam penjelasan undang-undang tersebut," kata Aan, diberitakan Antara.

Kendaraan yang pajak tahunannya belum dibayar tidak memiliki tanda-tanda kasat mata selain pada STNK. Ini sebabnya untuk memastikan petugas perlu menghentikan Anda saat sedang berkendara lalu memeriksa STNK, seperti saat razia.

Polisi di jalanan dapat menilang pengemudi kendaraan yang STNK-nya tidak sah karena belum bayar pajak tahunan. Perlu dipahami penilangan ini dapat dilakukan bukan karena menunggak pajak, tetapi STNK tidak sah.

Dasar hukum penilangan adalah UU 22 Tahun 2009 Pasal 288 ayat 1 dan Pasal 70 Ayat 2.

Aan mengatakan sempat ada pengendara yang menggugat lalu melakukan praperadilan untuk menguji tindakan penilangan karena belum bayar pajak sehingga STNK tidak sah. Kata Aan pengadilan menolak gugatan itu.

Menolak secara keseluruhan ya gugatan yang diajukan oleh penggugat. Artinya tindakan penilangan terhadap pelanggaran STNK itu sah dilakukan oleh kepolisian," ujar dia.

Infografis - 14 Pelanggaran Incaran Operasi Zebra 2022 Tanpa Tilang Manual14 Pelanggaran Incaran Operasi Zebra 2022 Tanpa Tilang Manual. (CNNIndonesia/Astari Kusumawardhani)
(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER