Diskon PPnBM Selesai, Mobil LCGC Masih Laku?

CNN Indonesia
Kamis, 06 Okt 2022 16:50 WIB
Harga LCGC menjadi 'normal' usai diskon PPnBM tuntas per 1 Oktober 2022, setelah itu apakah mobil kelas termurah di Indonesia ini tetap laku? Diskon PPnBM untuk produk LCGC telah berakhir pada 1 Oktober 2022. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pasar mobil harga terjangkau ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) diprediksi tidak goyah meski insentif pengenaan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) telah berakhir per 1 Oktober 2022.

Insentif berupa diskon PPnBM telah diberikan sejak tahun lalu kemudian diperpanjang hingga tahun ini. Perpanjangan Relaksasi PPnBM DTP mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 5 /PMK.010/2022 tentang Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2022.

Untuk LCGC, insentifnya diberikan dalam tiga tahap. Pada kuartal pertama dengan tarif PPnBM sebesar nol persen, diikuti kuartal kedua sebesar 1 persen, kuartal ketiga 2 persen, dan kuartal keempat tarif PPnBM yang dikenakan akan dibayar penuh oleh pelanggan sebesar 3 persen.

Dengan berakhirnya insentif, secara otomatis produsen LCGC mulai menyesuaikan harga dengan kenaikan hingga Rp3 juta.

"Menurut pandangan kami, Pasar LCGC tetap tinggi," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy melalui pesan singkat.

Ia mengatakan pasar LCGC tetap tinggi, mengingat peluang atas pembeli mobil pertama di Indonesia masih sangat besar.

"Karena first time buyer masih sangat banyak dimana masyarakat yang ingin memiliki mobil dari sebelumnya mengendarai kendaraan roda dua ataupun kendaraan umum. Terutama di luar pulau Jawa, pasar LCGC masih sangat tinggi," kata Billy.

Selain Honda melalui Brio Satya, mobil LCGC juga ada dari merek laim yaitu Daihatsu Ayla dan Sigra, serta Toyota Agya dan Calya.

Direktur Marketing Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi berharap pasar LCGC tidak akan goyang. Ia mengaku akan terus memantau perkembangan pasar pada segmen itu.

"Mudah-mudahan demand masih bisa bertahan, kami masih harus monitor di Oktober ini," kata dia.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER