Motor Listrik Buatan Ridwan Kamil Cuma 1 Kursi, Tak Bisa Bonceng Istri

fea | CNN Indonesia
Kamis, 06 Okt 2022 17:30 WIB
Ridwan Kamil merancang motor listrik bergaya bobber yang dinamakan RKG 5000, motor ini berpotensi diproduksi massal. Prototipe motor listrik rancangan Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil ditampilkan di arena pameran West Java Investment Summit 2022 di Kota Bandung. (ANTARA/HO-Humas Pemda Jabar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merancang motor listrik bergaya moge bobber yang dia jelaskan cuma punya satu jok dan berkelakar jadi tak bisa bonceng istri.

Motor yang sekilas mirip model klasi BMW R18 ini sedang dipamerkan di pameran West Java Investment Summit 2022 yang digelar di Bandung, Jawa Barat.

Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil mengatakan di media sosialnya bahwa pameran itu bertema 'Green Infrastructure'.

"Salah satu aplikasinya adalah kita harus hijrah ke mobil listrik atau kendaraan motor listrik. Kebetulan ini yang saya desain sendiri, temanya lebih buat bobber ya," kata Emil dalam unggahan video.

[Gambas:Instagram]

Motor ini dinamakan RKG 5000 menurut Atep Supriadi, teknisi dan pelaksana rancang bangunnya. RKG sendiri dikatakan kependekan Ridwan Kamil Gesit.

"Ini prototipe, jadi baru ada satu, tapi motor ini sudah bisa jalan. Jika masyarakat banyak yang berminat, nantinya bisa diproduksi massal atau dimanufaktur," kata Atep, disitat dari Antara, Kamis (6/10).

Bobot RKG 5000, jelas Atep, cuma 150 kg, yang dikatakan lebih ringan dari motor bensin sejenis. Lalu motor ini juga disebut 'cukup nyaman dan mudah dikendarai.

"Motor ini bisa di-charge di rumah dengan daya terendah sekalipun yaitu 450 VA, dan tentu bisa juga di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum), dengan lama pengisian hingga penuh antara tiga sampai empat jam," jelas Atep yang juga mengatakan rancang bangun motor ini merupakan karya anak bangsa.

Desain bobber seperti diaplikasikan di RKG 5000 sebenarnya adalah jenis desain modifikasi motor, namun kini sudah banyak diaplikasikan produsen pada motor baru. Motor bobber punya ciri khas sepatbor pendek, jok rendah, aksesori minimal dan umumnya dipakai buat berkendara sendirian.

"Satu kursi. Memang ga bisa bonceng istri nih. Tapi poinnya klasik tapi elektrik," ujar Emil.

RKG 5000 terlihat dibuat seperti motor klasik, warnanya dominan hitam namun ada aksentuasi putih di tangki bahan bakar. Motor ini terpampang punya komponen besar di bawah tangki yang mirip mesin boxer seperti di motor BMW.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER