BUSWORLD SOUTHEAST ASIA 2022

Deretan Bus Listrik China untuk Transportasi Perkotaan di Kemayoran

CNN Indonesia
Jumat, 07 Okt 2022 19:10 WIB
Bus listrik untuk transportasi perkotaan asal China bisa Anda saksikan di acara Busworld Southeast Asia 2022 yang resmi digelar di JI Expo Kemayoran. Bus listrik asal China unjuk gigi di JI Expo Kemayoran. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah perusahaan bus asal China mengikuti acara Busworld Southeast Asia 2022 yang resmi digelar di JI Expo Kemayoran, Jakarta. Mereka membawa bus-bus bertenaga listrik.

Busworld Southeast Asia 2022 merupakan acara bisnis ke bisnis (B2B) yang fokus pada industri bus dan karoseri serta menjadi tempat buat pamer teknologi dan produk, peluang pengembangan bisnis serta diskusi masa depan.

Berikut daftar bus listrik untuk transportasi perkotaan.

Zhongtong

Merek tersebut mungkin sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia, sebab produk bus dengan mesin konvensional dari Zhongtong sudah acap digunakan sebagai armada Transjakarta.

Namun kali ini merek dari negeri tirai bambu tersebut memilih memamerkan bus berbasis baterai. Ada dua bus yang dibawa.

Pertama adalah bus dengan ukuran panjang nyaris enam meter, lebar 2,09 meter, serta tingginya 2,7 meter. Produk ini memiliki kapasitas tempat duduk buat 25 orang.

Menurut perusahaan bus ini dilengkapi baterai berjenis lithium iron phosphate, sementara kecepatan maksimalnya hanya 69 km per jam.

Selain itu bus listrik lain yang dipamerkan menggunakan ukuran panjang 12 meter. Secara desain bus ini menyerupai bentuk armada Transjakarta.

Dalam spesifikasinya, bus ini memiliki 33 tempat duduk, dilengkapi baterai lithium iron phosphate bakal penyimpanan daya, serta kecepatan maksimal yang dibatasi hanya 69 km per jam.

Golden Dragon

Ada pemain baru Golden Dragon dari ASG. Mereka membawa dua unit bus listrik untuk kebutuhan transportasi perkotaan.

Bus pertama dengan ukuran panjang 12 meter. Bus ini dilengkapi baterai milik CATL berjenis lithium ferro phospate berkapasitas 326 kWh. Menurut perusahaan baterai ini dapat terisi dari 20 persen ke 80 persen dengan durasi 60menit.

Bus yang dapat memuat 59 penumpang ini dikatakan memiliki jarak tempuh 250 km.

Selanjutnya ada bus yang memiliki ukuran lebih ringkas dengan tampilan cukup unik dari Golden Dragon. Bus listrik kedua ini memiliki ukuran panjang 6 meter.

Menurut perusahaan bus ini dilengkapi baterai CATL berjenis lithium ferro phospate berkapasitas 90,24 kWh yang bisa membawa mobil dalam sekali pengecasan melaju sejauh 122 km. Lebih lanjut bus ini disebut mampu memuat 24 orang.

BYD

Satu lagi merek China yang hadir pada ajang ini adalah BYD. Bus listrik panjang 12 meter ini menempati stand milik perusahaan karoseri Laksana.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER