Mobil Listrik dan Hybrid Chery Bakal Meluncur 2023

CNN Indonesia
Kamis, 24 Nov 2022 11:00 WIB
Chery Motor Indonesia bakal merilis mobil baru berupa hybrid plug-in dan listrik murni setelah meluncurkan Omoda 5. Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Chery Motor Indonesia (CMI) berencana memperkenalkan mobil listrik dan hybrid mereka mulai tahun depan. Dua produk itu akan diluncurkan setelah mereka merilis mobil baru lainnya lebih dulu, Omoda 5.

Hal tersebut disampaikan Executive Vice President Chery Motor Indonesia Zhang Wei di sela-sela peluncuran Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro di Jakarta, Rabu (23/11) malam.

"Tahun depan, pertama-tama kita akan meluncurkan Omoda 5, sebuah compact crossover SUV. Selanjutnya kami akan memperkenalkan mobil PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) dan BEV (Battery Electric Vehicle) di pasar Indonesia," kata Zhang.

Zhang tak mengungkap mobil listrik dan hybrid apa yang akan mereka luncurkan. Ia hanya memastikan mulai 2024 hingga 2027, setidaknya akan ada satu produk baru Chery di Indonesia.

"Mulai 2024-2027, setiap tahun setidaknya kami memperkenalkan satu model baru di setiap segmen. Dan proses itu akan berorientasi listrik, berfokus pada PHEV dan BEV," tuturnya.

Sebelumnya CMI membuka peluang menambah varian plug-in hybrid (PHEV) dan sistem gerak 4x4 Tiggo 8 Pro yang sudah dijual di dalam negeri.

Direktur Marketing Chery Sales Indonesia, Qin Gang, memastikan dua varian tambahan itu bakal meluncur tahun depan jika tidak ada rintangan.

"Salah satu strategi kami yaitu untuk meluncurkan Chery Tiggo 8 Pro 4x4 dan Tiggo 8 Pro PHEV di Indonesia pada tahun depan," kata Qin.

Mobil listrik

Produk elektrifikasi Chery buat Indonesia sebelumnya sudah diungkap Presiden Direktur Chery Sales Indonesia, Tao Yong, pada Agustus lalu.

Yong mengatakan ada dua mobil listrik yang sudah disiapkan, yaitu Omoda 5 EV dan EQ1. Sedangkan hybrid mengandalkan jenis plug-in pada Tiggo 7 PHEV dan Tiggo 8 PHEV.

Saat itu Yong tak bilang model mana lebih dulu meluncur, walau begitu kemungkinan besar diproduksi lokal.

Chery sedang berinvestasi di Indonesia sebesar US1$ miliar hingga 2028 untuk pengembangan bisnis termasuk perakitan mobil. Mobil yang sudah dirakit lokal saat ini adalah Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro.

(dmr/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER