TIPS OTOMOTIF

Pasang Kaca Film di Mobil Listrik Ternyata Perlu Perlakuan Khusus

CNN Indonesia
Selasa, 29 Nov 2022 18:26 WIB
Mobil listrik punya banyak komponen elektronik yang rentan air, ini jadi perhatian khusus saat pemasangan kaca film. Mobil listrik punya banyak komponen elektronik yang rentan air, ini jadi perhatian khusus saat pemasangan kaca film. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Produk kaca film buat mobil listrik sebetulnya tak berbeda dari mobil konvensional. Namun menurut produsen kaca film ada perlakuan khusus saat pemasangan pada mobil listrik yang butuh perhatian spesial.

Sugih Gumilar, Asisten Manager Penjualan PT Global Auto International, agen pemegang merek ICE-µ, mengatakan salah satu perbedaan memasang kaca film pada mobil listrik adalah perhatian pada area dasbor mobil.

"Ini ada bagian yang harus kita lindungi secara ekstra, terutama ada modul di dasbornya yang ternyata harus benar-benar ter-cover di area dasbornya," kata Sugih di sela-sela peluncuran produk ICE-µ Sky Blue RT70 Series, Selasa (29/11).

Ia mencontohkan memasang kaca film pada Wuling Air EV. ICE-µ adalah produk Original Equipment Manufacturer (OEM) di mobil listrik ini.

"Jadi, untuk Wuling Air EV sendiri kita punya cover khusus untuk dasbor dan itu juga ada dua layer," ujarnya.

Cover khusus itu guna mencegah air yang digunakan untuk membersihkan saat pemasangan kaca film tidak menetes kemudian merembes ke dalam dasbor.

Sugih menjelaskan tidak mengetahui persis prosedur pemasangan kaca film pada mobil listrik model lain. Namun ia menyebut di beberapa mobil juga memiliki perhatian yang sama terhadap hal tersebut.

"Mungkin ada juga beberapa mobil juga punya concern yang sama. Untuk itu pasti tim kita sebelum pengecekan, SOP-nya adalah memasang cover itu, dan itu khusus itu, ada dua layer," paparnya.

Sugih memastikan produk kaca film untuk mobil listrik tak beda dari mobil konvensional.

"Untuk pemilihan kaca film enggak berbeda, yang berbeda adalah treatment pemasangannya," jelas dia.

Kendati pemasangan kaca film bisa dilakukan sendiri, Sugih tak menyarankan hal tersebut. Dia bilang harga produk kaca film ICE-µ sudah termasuk pemasangan.

"Enggak (disarankan memasang kaca film sendiri), dan kita juga enggak membolehkan. Jadi udah include di harganya itu, di Jabodetabek home service," papar dia.

[Gambas:Video CNN]



(dmr/fea)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER