xEV Center Tempat Belajar Mobil Elektrifikasi Toyota di RI

CNN Indonesia
Kamis, 01 Des 2022 09:00 WIB
xEV Center di Karawang, Jawa Barat merupakan fasilitas khusus buat mempelajari perkembangan elektrifikasi Toyota di Indonesia. xEV Center milik TMMIN sebagai pusat studi kendaraan mobil elektrifikasi di Karawang, Jawa Barat. (Foto: CNN Indonesia /Damar Iradat)
Karawang, CNN Indonesia --

Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mendirikan xEV Center sebagai pusat studi kendaraan elektrifikasi. Pusat studi ini berlokasi di pabrik TMMIN III, Karawang, Jawa Barat dan terbagi menjadi empat zona.

Pertama adalah Zona Inisiatif Lingkungan yang memberi pemahaman mengenai keterkaitan antara elektrifikasi kendaraan dan kondisi lingkungan secara global.

Zona ini juga menyajikan roadmap energi di Indonesia sebagai langkah mendukung upaya menciptakan lingkungan yang lebih hijau.

Selanjutnya, masuk ke Zona Teknologi. Di zona ini, xEV Center menyajikan beragam informasi mengenai teknologi elektrifikasi, mulai dari tipe, spesifikasi kendaraan, hingga sederet komponen di dalamnya.

Dalam zona tersebut juga dijelaskan soal perbedaan jenis kendaraan elektrifikasi, mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), hingga Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

Berikutnya ada Zona Ekosistem Hijau, di sini menyajikan informasi seputar infrastruktur charging station, kapasitas listrik rumah tangga yang diperlukan untuk pengisian daya tiap tipe mobil elektrifikasi.

Terakhir adalah Zona Masyarakat Berkelanjutan yang menjawab kegelisahan konsumen mengenai kendaraan elektrifikasi. Semisal isu baterai listrik aman untuk digunakan karena sudah melalui berbagai tes keselamatan, aman dari sengatan listrik saat banjir sehingga tercipta peace of mind pada konsumen.

Di zona ini juga memperlihatkan sejarah pengembangan kendaraan elektrifikasi Toyota mulai dari peluncuran BEV pertama hingga terus mengembangkan teknologi ramah lingkungan untuk mencapai carbon neutral pada 2050.

Selain zona-zona edukasi tersebut, pengunjung juga bisa menjajal berbagai jenis kendaraan elektrifikasi Toyota, mulai dari Toyota Prius Hybrid, Toyota Prius PHEV, hingga mobil listrik berbasis baterai, C+pod.

Saat ini xEV Center sudah dibuka untuk umum. Mayoritas pengunjung adalah rombongan institusi pendidikan, baik dari sekolah menengah kejuruan hingga universitas dan institusi pemerintahan.

Untuk bisa mengunjungi xEV Center, pengunjung juga harus mendaftar terlebih dulu.

[Gambas:Video CNN]

(dmr/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER