TIPS OTOMOTIF

Cara Buka Bagasi Innova Zenix Pakai Perintah Suara

CNN Indonesia
Selasa, 06 Des 2022 16:40 WIB
Toyota Kijang Innova Zenix memiliki sejumlah fitur menarik yaitu fitur perintah suara untuk membuka dan menutup pintu bagasi. Toyota Innova Zenix tersedia fitur perintah suara untuk buka tutup pintu bagasi. (Foto: CNNIndonesia/Damar Iradat)
Jakarta, CNN Indonesia --

Toyota Kijang Innova Zenix memiliki sejumlah fitur menarik yang belum pernah ada di generasi-generasi sebelumnya. Salah satunya yakni fitur perintah suara untuk membuka dan menutup pintu bagasi.

Fitur teranyar ini hanya terdapat pada varian Q hybrid atau tipe termahal. Bagaimana cara mengoperasikan fitur canggih dan terbaru dari MPV Innova?

CNNIndonesia.com berkesempatan mencoba fitur ini dalam uji singkat Innova Zenix di Toyota Driving Experience di Sunter, Jakarta Utara, Senin (5/12).

Langkah pertama untuk menggunakan fitur ini yakni dengan memastikan seluruh pintu dan kap mesin tertutup rapat dan dalam kondisi terkunci. Apabila salah satu pintu terbuka atau tidak rapat, dipastikan fitur ini tidak akan bekerja.

Selanjutnya, pengemudi yang membawa smart key (remote) harus mendekati pintu bagasi belakang dan mendekat ke arah microphone. Ada beberapa lokasi microphone, di antaranya di atas ruang tempat menaruh pelat nomor hingga di bingkai pintu belakang.

Ketika berada cukup dekat sekitar 40 cm dari sensor belakang, ucapkan "Hai Innova" sebanyak satu kali. Apabila sistem menerima perintah suara, akan terdengar bunyi "beep" sebanyak satu kali.

Lalu, jika sudah terdengar suara "beep", segera ucapkan perintah "buka pintu" sebanyak satu kali dan sistem akan memberikan tanda suara "beep" satu kali lagi.

Kemudian, segera mundur menjauh kendaraan sekitar 80 cm. Ketika terdengar lagi suara "beep" sebanyak dua kali dengan lampu hazard berkedip dua kali, tandanya pintu belakang akan terbuka secara otomatis.

Perlu menjadi catatan, sistem akan membatalkan perintah suara apabila setelah mengucapkan "Hai Innova" diikuti "buka pintu" pengemudi tidak segera menjauhi kendaraan. Tanda sistem membatalkan perintah suara itu dengan bunyi "beep" dua kali.

Untuk proses menutup pintu dengan perintah suara juga sama dengan membuka. Perbedaannya hanya pada perintah suara dari "buka pintu" menjadi "tutup pintu" yang cara pengucapannya mendekat microphone di bingkai pintu belakang.

[Gambas:Video CNN]



(dmr/mik)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER