Baru 1 Bulan Pakai, Konsumen Wuling Almaz Keluhkan Fitur ADAS Eror

CNN Indonesia
Senin, 19 Des 2022 14:50 WIB
Hasil evaluasi awal bengkel resmi Wuling terdapat kerusakan pada bagian sistem radar Almaz RS Pro. Ilustrasi. Wuling Almaz RS mengalami masalah pada bagian ADAS. (Arsip Wuling Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang konsumen Wuling Almaz RS Pro mengeluhkan fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) pada mobilnya mengalami kerusakan secara tiba-tiba. Pemilik merasa heran sebab mobil baru dibeli satu bulan lalu.

Fitur yang dimaksud merupakan paket fitur keselamatan ADAS yang terdapat sejumlah fitur penunjang lain di antaranya Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Warning (LDW), dan Forward Collision Warning (FCW). Hasil evaluasi awal bengkel resmi Wuling terdapat kerusakan pada bagian sistem radar.

"Pada 16 Desember 2022, saya melakukan servis perdana (servis gratis bulan pertama) ke dealer Fatmawati dan didapati fungsi ADAS tidak berfungsi atau rusak," kata Agustinus kepada CNNIndonesia.com, Senin (19/12).

Ia juga mengatakan saat servis gratis pertama mobilnya baru bergerak sekitar 1.800 km. Selama pemakaian, ia mengaku belum pernah mengalami kecelakaan yang berpotensi menjadi penyebab kerusakan. Selain itu mobil juga tidak pernah mengalami modifikasi di bagian kelistrikan.

"Unit saya terima pada 12 November 2022 dan saat ini posisi km 1.800. Saya juga tidak pernah mengalami tabrakan," ucap dia.

Pihak bengkel menerangkan kasus tersebut perlu penanganan khusus dari tim teknikal Wuling pusat, sebab ada temuan sistem ADAS mengalami kerusakan. Namun mobil disebut tetap bisa dibawa pulang karena tidak ada kendala lain dari mesin sampai kelistrikan.

"Kemudian, masih pada hari yang sama, saya ditangani oleh teknisi di situ. Dia menjelaskan dan menunjukkan penggantian radar sensor unit saya yang menjadi masalah. Katanya, radar sensor pengganti sudah disetujui Wuling Pusat. Unit dites dan dinyatakan bisa dibawa pulang," ucap Agustinus.

wuling almaz rsFitus ADAS Wuling Almaz RS Pro. (Arsip Istimewa)

Sistem eror usai penggantian komponen

Satu hari setelah penggantian alat konsumen menguji coba fitur tersebut di jalan tol. Dari uji coba itu ternyata masih ada masalah.

Kata muncul notifikasi "Silakan Periksa Radar ADAS" pada panel instrument. Namun mobil masih bisa dikemudikan.

Ia pun segera melapor ke dealer resmi Wuling.

"ADAS tetap rusak. Sebagai konsumen, saya sangat kecewa atas buruknya kualitas unit Wuling yang saya terima dan pelayanan After Sales Wuling yang menurut saya tidak memuaskan," tutur Agustinus.

Hingga saat ini, ia mengaku belum mendapatkan kepastian solusi terkait permasalahan mobilnya baik dari pihak dealer, bengkel, service center.

"Masalah ini benar-benar mengganggu dan menyita waktu, tenaga, emosi, dan pikiran saya. Jangan sampai terjadi pada konsumen-konsumen lainnya," imbuhnya.

Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani yang dihubungi mengaku sedang menelusuri ihwal masalah dari mobil konsumen itu.

"Saya coba cek [sedang dicari masalahnya]," ucap Dian.

[Gambas:Video CNN]



(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER