4 Penyebab Motor Injeksi Brebet dan Cara Mengatasinya

CNN Indonesia
Rabu, 25 Jan 2023 10:00 WIB
Mesin brebet menjadi salah satu masalah yang sering terjadi pada motor injeksi. Berikut penyebab motor injeksi brebet dan cara mengatasinya. Ilustrasi. Penyebab motor injeksi brebet dan cara mengatasinya (iStockphoto/Krblokhin)
CNN Indonesia --

Mesin brebet menjadi salah satu masalah yang kerap terjadi pada motor injeksi. Brebet adalah kondisi ketika mesin kendaraan tidak bisa bekerja dalam kondisi maksimal.

Brebet ditandai dengan perputaran mesin yang langsam, mesin mudah mati, dan tersendat-sendat. Tentu saja, terdapat penyebab motor injeksi brebet dan cara mengatasinya.

Motor injeksi brebet ini tentu akan mengganggu kenyamanan sekaligus keamanan Anda pada saat berkendara.

Selain itu, motor injeksi yang brebet juga akan membuat mesin memerlukan asupan bahan bakar lebih banyak untuk membuat mesin tetap menyala. Ini artinya motor akan menjadi makin boros BBM.

Setidaknya terdapat beberapa penyebab motor injeksi brebet. Selain dari faktor usia, kondisi ini juga sangat mungkin karena kecerobohan dari pemilik kendaraan itu sendiri atau human error.

Tentu saja kondisi ini tidak bisa jika dibiarkan karena bukan tidak mungkin akan membuat komponen lain di motor Anda ikut rusak.

Dinukil dari laman Motor and Wheels, berikut empat penyebab motor injeksi brebet dan cara mengatasinya.

Infografis 7 Komponen yang Perlu Dicek Saat Motor Ndut-ndutanInfografis 7 Komponen yang Perlu Dicek saat Motor Ndut-ndutan (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)

1. Bahan bakar tidak sesuai

Semakin canggih dan tinggi kompresi mesin motor injeksi Anda, maka memerlukan bahan bakar minyak (BBM) yang memiliki nilai oktan tinggi juga.

Pemilihan BBM yang sesuai ini akan membuat proses pembakaran menjadi sempurna. Begitu juga sebaliknya, BBM yang tidak sesuai akan meninggalkan sisa pembakaran.

BBM yang tak sesuai ini akan membuat sisa pembakaran menjadi lebih banyak, pembakaran tidak sempurna, gejala knocking, boros, dan mengalami brebet. Untuk itu sangat penting memilih BBM yang sesuai dengan kebutuhan motor.

Cara mengatasi:

Cara mengatasinya adalah dengan memilih jenis BBM yang sesuai. Biasanya, pabrikan motor sudah memberikan informasi mengenai jenis BBM yang sesuai dengan motor injeksi yang Anda miliki.

2. Filter udara kotor

Proses pembakaran yang terjadi di dalam mesin memerlukan api, BBM, dan udara.

Udara dari luar disedot ke dalam mesin kendaraan yang sebelumnya sudah disaring oleh filter untuk memastikan hanya udara bersih yang terbebas dari debu dan benda asing yang akan masuk ke dalam mesin motor injeksi.

Nah, filter udara tentu saja perlu dilakukan penggantian secara berkala untuk memastikan udara yang masuk benar-benar bersih. Filter udara yang kotor akan membuat udara yang masuk menjadi tidak lancar dan tidak bersih sehingga menyebabkan mesin motor injeksi menjadi brebet.

Cara mengatasi:

Filter udara ini harus diganti sesuai dengan usia pemakaian dan lokasi tempat Anda tinggal. Semakin kotor udara, maka filter udara motor injeksi Anda harus diganti lebih cepat daripada seharusnya.

3. Kerusakan pada busi

Penyebab motor injeksi brebet berikutnya adalah busi yang sudah rusak. Busi yang rusak tidak bisa memercikkan api yang dibutuhkan dalam pembakaran.

Busi yang sudah rusak ini ditandai dengan warna kehitaman dan muncul jelaga yang terdapat pada kepala busi. Selain mengalami brebet, motor injeksi juga sulit distarter saat businya rusak.

Cara mengatasi:

Cara mengatasi motor injeksi brebet lantaran busi rusak adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Untuk memilih busi ini Anda juga tidak bisa sembarangan. Pilihlah busi yang sesuai dengan kegunaan motor.

4. Klep renggang

Seiring dengan berjalannya waktu, klep akan menjadi renggang. Terlebih lagi jika Anda memang sering menggunakan motor injeksi ini dalam aktivitas sehari-hari. Klep yang renggang akan membuat motor injeksi menjadi brebet dan boros.

Cara mengatasi:

Permasalahan klep renggang ini tak akan terjadi jika Anda rutin melakukan servis pada motor injeksi Anda. Biasanya, teknisi akan melakukan penyetelan ulang pada klep untuk memastikannya berada dalam posisi yang tepat.

Penyebab dan cara mengatasi motor injeksi brebet di atas bisa Anda jadikan referensi jika mengalami kondisi ini.

Untuk mencegah risiko terjadinya motor injeksi brebet, maka sebaiknya Anda mengikuti anjuran yang sudah ditetapkan oleh pabrikan motor mengenai jenis BBM sekaligus melakukan servis secara rutin.

(ahd/fef)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER