Cara Bikin Kaca Helm Jadi Antiair Saat Musim Hujan

CNN Indonesia
Kamis, 19 Jan 2023 06:42 WIB
Tips menciptakan efek daun talas pada visor atau kaca helm. Cara menciptakan efek daun talas pada visor atau kaca helm. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu hambatan berkendara saat musim hujan yaitu pandangan terganggu karena visor atau kaca helm tertutup air. Kondisi ini akan mengurangi kenyamanan dan berpotensi membahayakan, sebab pandangan terganggu sehingga sulit melihat jalan dan objek di depan.

Untuk mengantisipasinya, pengendara bisa melakukan sentuhan pada visor guna membantu saat riding di tengah hujan. Caranya sangat mudah.

Christopher Sebastian, dari Hydrophobic Lab Indonesia mengatakan untuk mengatasi itu salah satu solusinya yakni melakukan coating pada bagian helm, mulai visor hingga batoknya.

Untuk diketahui, coating merupakan teknik pelapisan menggunakan cairan khusus yang diaplikasi pada objek.

Umumnya ini digunakan pada bodi mobil, namun teknik ini juga bisa digunakan untuk pelindung kepala. Dengan coating, kaca helm akan menimbulkan efek seperti daun talas saat terkena air.

"Mempunyai efek daun talas terutama jika hujan maka kaca visor helm tidak akan menempel air yang biasanya akan membuat pandangan pengendara terganggu," kata Christopher, Rabu (18/1).

Kemudian coating juga bisa membuat tampilan helm menjadi seperti baru, selain untuk menghindari goresan karena ada lapisan pelindung.

"Batok helm juga akan terjaga atau tidak mudah kusam," ungkap dia.

Ia menambahkan coating bersifat permanen, tapi dapat memudar tergantung perawatan.Untuk menjaga keawetan pelindungnya, cukup dengan caranya mencuci objek menggunakan sampo ph netral dan dikeringkan pakai kain microfiber.

Namun ia menyarankan, ada baiknya lakukan aplikasi coating setidaknya per tiga tahun.

"Coating ulang jika dirasa sekiranya tampilan motor atau helm sudah kembali kusam, biasanya di atas 3 tahun," ujar Christopher.

Menurutnya, teknik ini juga bisa diterapkan pada bodi sepeda motor. Cara pengaplikasian coating helm dan motor sama seperti pada mobil, namun jenis 'obat' yang digunakan berbeda.

Sementara untuk harga berbeda-beda tergantung teknik pengaplikasian dan isi kantong pemilik kendaraan.

"Jadi warnanya itu bisa lebih awet, tahan terhadap goresan, terbebas jamur, bahkan memiliki efek seperti daun talas saat terkena air. Ini juga akan menjaga warna orisinil motor tetap awet. Jadi teknik ini tidak hanya untuk mobil saja," ucapnya.

Cara coating

Untuk melakukan teknik coating, awalnya pastikan objek yang akan diberi lapisan seperti halnya helm atau motor dan mobil bersih dari noda dan kotoran. Baru setelah bersih, proses coating bisa dimulai.

Dalam proses pelapisan, pengaplikasiannya akan menggunakan media khusus berbentuk busa yang dilapisi kain suede dan diteteskan cairan coating. Baru setelahnya dilapisi ke objek yang hendak di-coating.

Penting dari pengerjaan coating yaitu melakukannya pada ruang tertutup yang bebas debu dan kotoran. Ada beberapa tahapan, namun jika dirasa sulit sebaiknya serahkan kepada ahlinya.

[Gambas:Video CNN]



(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER