Simbol Vespa Kuning Ridwan Kamil yang Kini Gabung Golkar

CNN Indonesia
Kamis, 19 Jan 2023 09:47 WIB
Setidaknya Ridwan Kamil pernah terlihat menggunakan tiga Vespa kuning dengan pelat nomor berbeda. Setidaknya Ridwan Kamil pernah terlihat menggunakan tiga Vespa kuning dengan pelat nomor berbeda. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) berulang kali terlihat menggunakan sepeda motor Vespa berwarna kuning. Motor ikonik dari Italia ini seperti jadi simbol sebab sudah digunakan sebelum dia gabung ke Partai Golkar dan setelahnya.

Setidaknya ada tiga Vespa kuning yang pernah dikendarai RK. Pada Juni 2022, RK tampak membonceng anaknya, Camillia Laetitia Azzahra, menggunakan Vespa S 125, keliling kota Bandung usai acara wisuda. Motor matic ini menggunakan pelat nomor D 2004 CLA.

[Gambas:Instagram]

Kemarin, Rabu (18/1), sebelum diumumkan gabung ke Partai Golkar, RK menunggah video berkendara bersama putra bungsunya, Arkana Aidan Misbach, memakai Vespa klasik 2-tak.

Emil, sapaan RK, membonceng Arkarna di depan. Dia terlihat mengenakan celana panjang biru dipadu blazer marun serta helm putih.

"OTW, singkatan dari On The Way. Terjemahan bahasa sundanya, oh tungguan weh," tulis Emil dalam unggahan tersebut.

Video ini sebelumnya pernah diunggah RK pada 25 Agustus 2022 di akun medsos yang sama. Dalam video tampak Emil mengajak putranya berkeliling di dalam kota. Sesekali, terlihat Ridwan menyapa sejumlah orang yang ditemuinya di Jalan.

Vespa kuning lawas BE 8357 BD ini diduga diduga Super, salah satu model paling populer di Tanah Air yang diproduksi antara 1965-1979.

Ciri Vespa Super yakni menggunakan roda berukuran delapan inci dan memiliki lima garis ventilasi udara pada penutup mesin sebelah kanan.

Sedangkan varian yang digunakan Ridwan ini diduga model Super produksi medio 1960an karena masih mengadopsi jok double dan batok lampu berbentuk bulat.

Terkait mesin, Super membawa unit berkapasitas 145,5 cc satu silinder 2-tak. Melalui mesin tersebut, Super diklaim memiliki kecepatan maksimal hingga 90 kilometer per jam.

RK saat ini tengah menjadi sorotan setelah keputusannya bergabung ke dalam Partai Golkar. Peresmian Ridwan masuk ke dalam partai yang identik dengan warna kuning tersebut diumumkan langsung oleh sang ketua umum Airlangga Hartarto pada Rabu (19/1).

RK dipercaya mengisi jabatan wakil ketua umum sekaligus co-chair Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu).

Usai peresmian RK terlihat menggunakan Vespa kuning klasik lagi seperti diberitakan detik.com. Motor yang digunakan diduga Super tetapi memakai pelat nomor berbeda dari sebelumnya, yaitu D 2712 AGO.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER