Rakyat Afghanistan Rancang Supercar Serba Hitam, Dapat Restu Taliban

CNN Indonesia
Jumat, 20 Jan 2023 18:45 WIB
Afghanistan punya supercar pertama yang saat ini bernama Mada 9, penciptanya menyebut mobil ini adalah 'Angsa Hitam' Ilustrasi. Afghanistan punya supercar pertama yang saat ini dinamakan Mada 9, penciptanya menyebut mobil ini adalah 'Angsa Hitam'. (AFP/DAMIR SENCAR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Taliban memperkenalkan prototipe supercar pertama buatan rakyat Afghanistan. Supercar bernama Mada 9 itu dirakit menggunakan mesin Toyota Corolla dan mendapat inspirasi dari binatang liar di Australia.

Mobil ini dibuat oleh Institut Kejuruan Teknis Afghanistan dan perusahaan mobil Entop. Penampakan supercar dengan mesin ramping itu pun langsung menyita perhatian dunia.

Sekilas mobil ini seperti Lamborghini Aventador, memiliki gaya sangar dengan suspensi pushrod terinspirasi gaya balap dan lampu LED tipis.

Walau mirip Mada 9 tak menggunakan mesin V12 milik Lamborghini. Mobil berpenggerak roda belakang ini menggunakan mesin 1,8 liter dari Toyota Corolla.

CEO Entop Muhammad Raza Ahmadi mengatakan prototipe mobil ini bernama Mada, namun nama itu masih bisa berubah.

"Kami bermaksud menamai mobil ini 'Black Swan'. Tahukah Anda, sebelum ditemukannya benua Australia, orang hanya melihat angsa putih," kata Ahmadi dalam video yang dipublikasikan di Youtube.

"Waktu itu, ketika orang ingin membuat contoh benda aneh, mereka biasanya menyebutnya 'Black Swan' (angsa hitam). Angsa berwarna putih, tapi ketika benua Australia ditemukan, orang-orang menyaksikan sebaliknya," ujarnya menambahkan.

Dengan cara yang sama Ahmadi berharap Mada 9 dapat mengubah cara pikir orang-orang terhadap Afghanistan yang kini dikuasai Taliban. Ahmadi juga berharap mobil ini bisa menjadi duta Afghanistan ke seluruh dunia.

"Orang asing percaya bahwa semua orang di Afghanistan miskin dan membutuhkan bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup. Dalam situasi seperti itu, penemuan mobil ini dapat dilihat seolah-olah angsa hitam telah muncul dari angsa putih," tuturnya.

Namun begitu, sampai saat ini belum ada keterangan mengenai spesifikasi maupun kecepatan mobil ini.

[Gambas:Instagram]

Salah seorang pejabat negara, Ghulam Haidar Shahamat mengklaim mesin mobil ini cukup bertenaga.

Mobil ini tampaknya mendapat restu dari kepemimpinan Taliban pasalnya Juru Bicara Imarah Islam Afghanistan Zabihullah Mujahid sempat mengunggah video mengenai mobil ini di akun Twitter resminya dengan keterangan "mobil buatan Afghanistan".

(dmr/fea)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER