Kronologi Bikers Klub Motor Hilang di Hutan Hingga Ditemukan 1 Tewas

CNN Indonesia
Selasa, 24 Jan 2023 11:45 WIB
14 anggota klub motor dilaporkan hilang di Hutan Banjalaweh, setelah dilakukan pencarian satu orang tewas. Ilustrasi. 14 anggota klub motor dilaporkan hilang di Hutan Banjalaweh, setelah dilakukan pencarian satu orang tewas. (Astra Honda Motor)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 14 anggota komunitas motor Ikatan Trabas Adventure (ITA) dilaporkan hilang di area Hutan Banjalaweh, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat pada Minggu (22/1). Tim SAR kemudian berhasil menemukan dan mengevakuasi para korban, namun satu di antaranya dinyatakan sudah meninggal dunia.

Mengutip keterangan Basarnas Limapuluh Kota di akun instagram mereka, @basarnas50kota, kronologi kejadian ini bermula saat anggota ITA memulai perjalanan pada Minggu (22/1).

"14 penggiat ITA melakukan kegiatan trabas membuka jalur di lokasi Banjalaweh, Kabupaten 50 Kota. Komunitas ini turun pada hari Minggu tanggal 22 Januari 2023," demikian bunyi keterangan dalam unggahan di akun @basarnas50kota, sebagaimana dikutip Selasa (24/1).

[Gambas:Instagram]

Menurut keterangan Basarnas, ke-14 anggota komunitas itu rencananya pulang pada sore hari. Namun, di tengah perjalanan turun hujan lebat, sehingga mereka mencari tempat berteduh sampai malam hari.

Setelahnya, mereka tidak berhasil menemukan jalan keluar atau posisinya masih berada di dalam hutan.

Koordinator Pos SAR Limapuluh Kota Robi Saputra mengatakan pihaknya menerima laporan mengenai anggota klub motor yang tersesat itu sekitar pukul 23.20 WIB dan berhasil menemukan mereka pada Senin (23/1) dini hari sekitar pukul 02.05 WIB.

Menurut Robi, sebanyak 13 anggota komunitas motor yang tersesat ditemukan selamat, namun satu orang lagi atas nama Edi (60) meninggal dunia karena sakit.

"Seluruh korban telah dievakuasi dari lokasi kejadian," ungkap Robi, sebagaimana dikutip dari Antara.

Korban lainnya yang diselamatkan yakni Bima (32), Gatot (32), Dedi Zulfriadi (47), Isas (50), Yudah (40), Riko (40), Panji Ramadhani (18), Nono (47), Arni (38), Datuak Marajo, Panji, serta Aji.

[Gambas:Instagram]

Sementara itu, pihak ITA mengatakan ke-14 orang tersebut tidak hilang ataupun tersesat di Hutan Banjalaweh. Pihak ITA juga menyebut salah satu korban meninggal karena mengalami dehidrasi.

"Mengenai teman kami yang main di jalur Trapay 50 kemarin, itu bukan tersesat dan bukan pula hilang. Sebanyak 14 orang main pada hari Minggu di jalur trail adventure, karena hari hujan dan hari sudah sore meninggalkan motor di jalur dan melakukan perjalanan pulang," kata salah seorang pria dalam video yang diunggah akun @trail_minang.

"Di waktu perjalanan pulang, salah seorang teman kami yang bernama Edi mengalami dehidrasi dan terjadilah beliau meninggal dunia," imbuhnya.

(dmr/fea)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER