Motor Listrik Honda Segera Meluncur di RI, Yamaha Enggak Jelas

CNN Indonesia
Rabu, 08 Feb 2023 08:47 WIB
Honda akan memproduksi dan meluncurkan motor listrik di Indonesia tahun ini, sedangkan Yamaha mengatakan belum ada rencana. Astra Honda Motor (AHM) akan meluncurkan dua motor listrik pada 2023 di Indonesia. (Astra Honda Motor)
Jakarta, CNN Indonesia --

Astra Honda Motor (AHM) bersiap memproduksi dan meluncurkan sepeda motor listrik pada tahun ini. Hal ini bertepatan wacana pemerintah yang bakal memberikan subsidi Rp7 juta buat pembelian motor listrik baru dan hasil konversi.

Ahmad Muhibbudin, GM Corporate Communication AHM mengatakan sesuai rencana pihaknya bakal merilis motor listrik tahun ini.

"Kehadiran motor listrik Honda masih sesuai dengan rencana semula. Kami akan rilis motor listrik Honda tahun ini," kata Muhibbudin saat dihubungi, Selasa (7/2).

Namun begitu, dia belum mau membocorkan soal model motor listrik yang akan dirilis untuk pasar Indonesia.

"Modelnya seperti pada siluet yang pernah kami sampaikan sebelumnya. Untuk waktunya nanti akan dikabari begitu saatnya tiba," ujar dia.

Strategi Honda berbeda dari kompetitornya, Yamaha, yang sejauh ini belum mengungkap rencana meluncurkan motor listrik di Indonesia.

Antonius Widiantoro, General Manager Marketing-Public Relation Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan pihaknya masih mempertimbangkan berbagai hal sebelum meluncurkan motor listrik di Tanah Air.

"Memang saat ini belum ada rencana menjual EV di Indonesia. Kita saat ini masih terbatas pada market test untuk mendapatkan EV yang dibutuhkan itu seperti apa oleh masyarakat Indonesia," kata Anton saat ditemui beberapa waktu lalu.

Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YIMM) memulai tes pasar motor listrik konsep E01. Motor yang didesain mirip Nmax ini akan dipinjamkan ke konsumen mulai 20 November 2022 untuk diuji jalan dengan target 4.000 pengguna.Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YIMM) memulai tes pasar motor listrik konsep E01. Motor yang didesain mirip Nmax ini akan dipinjamkan ke konsumen mulai 20 November 2022 untuk diuji jalan dengan target 4.000 pengguna. (CNN Indonesia/Febri Ardani)

Walau belum ada rencana peluncuran, Yamaha kini tengah melakukan studi tentang motor listrik menggunakan prototipe E01 ke masyarakat. Uji coba tersebut baru dilakukan di empat wilayah, yakni Jakarta, Bandung, Medan, dan Bali.

Pemerintah sebelumnya memastikan besaran subsidi motor listrik baru dan konvensional mencapai Rp7 juta, seperti yang diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Luhut mengatakan saat ini pemerintah tengah merampungkan aturan yang bakal menjadi payung hukum program ini. Ia memastikan aturan itu akan dirilis Februari 2023.

[Gambas:Video CNN]

(dmr/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER