PDIP Deklarasi Lima Calon Gubernur Sebelum Natal

Ramadhan Rizki, CNN Indonesia
Selasa, 12/12/2017 23:46 WIB
PDIP Deklarasi Lima Calon Gubernur Sebelum Natal
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan pengumuman calon gubernur di lima daerah untuk Pilgub 2018 akan disampaikan langsung Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri. (CNN Indonesia / Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengumumkan nama-nama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung di lima provinsi pada 17 Desember mendatang atau delapan hari sebelum perayaan Natal 25 Desember.

Hasto mengatakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri akan mendeklarasikan kelima pasangan calon itu.

"Pada 17 desember ini ibu ketua umum akan mengumumkan beberapa paslon yaitu dari Maluku, Maluku Utara, Riau, Sulteng, dan daerah-daerah yang memiliki persoalan lingkungan secara serius akan ditanggapi dalam pengumuman tersebut," ujar Hasto saat menghadiri acara 'Sekolah Kader PDIP' di Wisma Kinasih, Depok, Jawa Barat, Selasa (12/12).

"Setidaknya ada 5 pasangan calon yang akan diumumkan," tambahnya.

Sementara untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari daerah Jawa Barat, Jawa Tengah Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Hasto mengaku belum menentukan tanggal deklarasinya.

"Untuk Jabar nanti akan bersamaan dengan Lampung, Sumsel, Sumut dan Jateng," katanya.

Hasto mengaku partainya telah mengantongi nama kandidat calon gubernur untuk bertarung di Pilkada Jawa Barat tahun depan, namun dia enggan membeberkan siapa tokoh yang diusung partainya.

Kata Hasto, sosok itu akan diumumkan saat hari deklarasi. Adapun soal calon wakil gubernurnya, Hasto mengatakan PDIP belum menentukan calon wakil gubernur yang akan mendampingi cagub pilihan partainya.

"Nama gubernur sudah jelas, tinggal Wagub yang masih ada beberapa opsi. Kita berikan kesempatan untuk turun ke bawah dulu," ujar Hasto (wis/wis)