Koalisi dengan Gerindra-PAN, PKS Umumkan Lima Cagub

Joko Panji Sasongko, CNN Indonesia
Rabu, 27/12/2017 18:30 WIB
Koalisi dengan Gerindra-PAN, PKS Umumkan Lima Cagub
PKS berkoalisi dengan PAN dan Gerindra di Pilkada serentak 2018. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengumumkan lima bakal calon gubernur di lima daerah yang menggelar Pilkada 2018. PKS berkoalisi dengan Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN) di lima daerah tersebut.

Kelima bakal cagub itu dipilih berdasarkan rapat Dewan Pimpinan Tingkat Pusat PKS di DPP PKS, Jakarta, Rabu (27/12).

Presiden PKS Sohibul Iman menyatkan, kelima bakal cagub merupakan tindak lanjut dari hasil rapat koalisi dengan Gerindra dan PAN di DPP PKS hari Minggu lalu.

"Pada hari ini kami akan menyampaikan nama cagub dan cawagub yang kami sepakati bersama-sama," ujar Sohibul.

Kelima bakal calon yang diusung PKS, yakni Mayjen (Purn) Sudrajat sebagai bakal cagub Jabar berpasangan dengan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu. Kedua, Pangkostrad TNI Letjen Edy Rahmayadi sebagai bakal cagub Sumatera Utara berpasangan dengan bakal cawagub Musa Rajekshah. 

Ketiga, Isran Noor sebagai bakal cagub Kalimatan Timur berpasangan dengan bakal cawagub Hadi Mulyadi. Keempat, Muhammad Kasuba sebagai bakal cagub Maluku Utara berpasangan dengan bakal cawagub Majid Husain.

"Terakhir, Bapak Sudirman yang sampai hari ini belum ada pasangannya Wakil Gubernurnya. Beliau adalah cagub provinsi Jawa Tengah," kata Sohibul.

Untuk pasangan di Pilkada Jatim akan disampaikan pada awal tahun 2018. Hal itu dilakukan karena ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

"Jawa Timur akan dipending sampai tahun baru," ujar Sohibul.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, sejumlah tokoh politik hadir dalam kesempatan itu, di antaranya Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Rachmawati Soekarnoputri, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Djoko Santoso, hingga pengacara Eggy Sudjana. (sur)