Megawati Umumkan Cawagub Jatim Besok

Ramdahan Rizki Saputra, CNN Indonesia
Senin, 08/01/2018 21:02 WIB
Megawati Umumkan Cawagub Jatim Besok
Hasto Kristiyanto menerangkan, santernya beberapa nama yang muncul sebagai bakal cawagub PDIP sampai saat ini masih sebatas wacana yang digulirkan banyak pihak. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto menegaskan, partainya telah berkomunikasi dengan para kiai di Jawa Timur dan PKB sebagai mitra koalisinya terkait kandidat calon wakil gubernur yang akan mendampingi Saifullah Yusuf di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) tahun 2018.

Menurutnya, kandidat Cawagub Jatim telah diserahkan keputusannya ke tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan akan diumumkan besok (9/1).

"Siapa yang akan mendampingi Gus Ipul, para kiai juga sudah menyampaikan masukannya kepada ibu Mega, dan kepada teman-teman pers itu kemungkinan besok kami sampaikan," ujar ungkap Hasto kepada wartawan usai mengunjungi kediaman Megawati, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/1).

Hasto belum menyebutkan secara rinci di mana tempat deklarasi tersebut akan dilakulan. Meski demikian, ia menginginkan calon wakil gubernur Jatim nantinya bisa berkontribusi bagi bangsa dan negara.

"Sehingga untuk seluruh kader partai baik dari PDIP maupun PKB untuk tetap tenang, kami ini partai politik yang ketika mengumumkan itu dengan upacara, dengan khidmat, dengan melalukan dedikasi bahwa yang dicari betul-betul sosok pemimpin. Yang mengabdi kepada bangsa dan negara," ungkapnya.

Hasto menerangkan, santernya beberapa nama yang muncul untuk diusung sebagai bakal cawagub PDIP sampai saat ini masih sebatas wacana yang digulirkan banyak pihak.

Santer beredar nama Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni dan Cucu Bung Karno Puti Soekarnoputri sebagai kandidat terkuat menggantikan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang diterpa isu amoral.

Hasto enggan berkomentar banyak terkait kemungkinan tokoh tersebut mendamping Gus Ipul.

"Jadi yang berkaitan dengan nama nanti saja, menunggu keputusan dari ibu Megawati Soekarnoputri," kata dia.

Sementara Saifullah Yusuf atau Gus Ipul yang hadir di tempat yang sama menegaskan koalisi PDIP dan PKB tetap akan terjalin di Pilgub Jawa Timur 2018.

Ia juga mengatakan, para kiai di Jawa Timur tetap berapa di barisan koalisi partai tersebut.

"Pertama para ulama tetap dalam satu barisan, yang kedua berharap nasionalis religius PDIP PKB terap bersama-sama di Pilgub 2018, Pilgub Jatim, seperti Jateng dll," ujarnya.

Sama seperti Hasto, Gus Ipul juga belum mau menjelaskan siapa kandidat wakil yang akan mendampinginya. Ia mengatakan, nama-nama tersebut akan diputuskan Megawati Soekarnoputri.

"Semua kandidat yang berkarya, ditampung nanti selebihnya bu Mega akan ambil keputusan itu berdasarkan kepentingan bangsa," pungkasnya. (djm)