Selawat Iringi Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Daftar ke KPU Jabar

CNN Indonesia, CNN Indonesia
Selasa, 09/01/2018 08:45 WIB
Selawat Iringi Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Daftar ke KPU Jabar
Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum akan mendaftar ke KUPD Jawa Barat pukul 09.00 WIB. Massa pendukung pasangan ini melantunkan salawat jelang pendaftaran. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).
Jakarta, CNN Indonesia -- Massa pendukung bakal calon gubernur dan wkail gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sekitar pukul 07.00 WIB sudah mulai mendatangi Stadion Sidolig, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung. Lantunan salawat terus menggelegar di kawasan halaman parkir stadion untuk bakal pasangan calon yang akan bertarung di Pilgub Jabar 2018 ini.

Pantauan CNNIndonesia.com, Selasa (9/1), tampak para pimpinan daerah partai koalisi, kiai, santri dan relawan memenuhi tempat yang disediakan panitia.

Menurut rencana, Emil dan Uu akan mendaftarkan diri ke KPU Jawa Barat pukul 09.00 WIB. Pasangan ini dan keluarga akan melaksanakan salat hajat bersama dengan para pendukungnya di Stadion Sidolig, lalu diteruskan dengan berjalan bersama ke KPUD Jabar.


Juru bicara partai koalisi pendukung Ridwan Kamil dan Uu, Saan Mustopa menuturkan, ratusan pendukung yang datang hari ini sudah berkomitmen untuk melangsungkan acara dengan tertib.

"Kami ini kan mau meminta amanah dalam menjalankan amamah harus diawali dengan doa. Meluruskan niat dulu, pencalonan gubernur ini bukan semata-mata ingin meraih kekuasaan, tapi sarana untuk berjuang, memberikan kemaslahatan warga Jawa Barat Barat," ujarnya, Selasa (9/1).


Saan menambahkan, setelah pendaftaran, rencananya partai koalisi akan melaksanakan rapat akbar pada 14 Januari 2018. Rapat dilakukan salah satunya untuk membentuk tim pemenangan.

"Bentuk tim pemenangan, kami langsung mulai bekerja politik memantapkan dan meningkatkan elektabilitas kang Emil," ucapnya.

Adapun selain Ridwan Kamil-Uu, hari ini juga akan ada bakal pasangan calon lain yang mendaftar ke KPUD Jabar, yakni pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi. Duo DM itu rencananya akan mendaftar pada pukul 14.00 WIB.


Pilgub Jawa Barat 2018 telah memunculkan empat pasangan calon yang bakal bertarung. Masing-masing pasangan calon telah mengantongi syarat 20 kursi dukungan legislatif di daerah.

Mereka yang bakal berebut kekuasaan di Jawa Barat, yakni Ridwan-Uu yang diusung PPP (9 kursi), PKB (7 kursi), dan NasDem (5 kursi). Kemudian ada Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi didukung Golkar (17 kursi) dan Demokrat (12 kursi).

Di kubu lain, ada pasangan Sudrajat dan Muhammad Syaikhu yang didukung Gerindra (11 kursi), PKS (12 kursi), dan PAN (4 kursi). PDIP, satu-satunya partai yang punya 20 kursi di Jabar, mengusung duet TB Hasanuddin-Anton Charliyan. (hyg)