Kemendagri Jamin Semua Warga Miliki e-KTP Saat Pilkada

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia
Rabu, 10/01/2018 06:33 WIB
Kemendagri Jamin Semua Warga Miliki e-KTP Saat Pilkada
Dirjen Dukcapil Kemendagri menjamin saat ini e-KTP bisa langsung dicetak pada hari yang sama saat perekeman data penduduk dilakukan. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Dalam Negeri optimis seluruh warga telah memiliki kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP pada pemungutan suara pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun ini.

Pilkada serentak akan digelar pada 27 Juni mendatang di 171 wilayah se-Indonesia. Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan pihaknya optimis target itu terpenuhi, karena warga yang belum memiliki e-KTP hanya tinggal 3 persen saja.

Kemendagri: Seluruh Warga Miliki e-KTP Saat Pilkada Serentak Zudan Arif Fakrulloh  (CNN Indonesia/Bintoro)
"Yang belum rekam sekitar 3 persen lagi, sekitar 6 juta," kata Zudan kepada CNNIndonesia.com lewat pesan singkat, Selasa (9/1).

Zudan meminta warga yang belum memiliki E-KTP lekas melakukan perekaman. Dia menjamin saat ini e-KTP bisa langsung dicetak pada hari yang sama saat perekaman dilakukan.

Zudan membenarkan saat ini banyak warga yang sudah pesimis mendapatkan e-KTP segera meski sudah melakukan perekaman. Rasa pesimis itu muncul karena setelah menunggu dalam hitungan tahun, namun e-KTP miliknya tidak kunjung dicetak.

Menanggapi hal itu, Zudan meminta warga agar mengecek langsung ke Dinas Dukcapil pemerintah daerah setempat. Ia mengatakan pengecekan bisa dilakukan lewat telepon atau mendatangi ke kantor dinas dukcapil pemda setempat.

Ia mengimbau hal itu agar dilakukan dan target Kemendagri pun tercapai. Target yang dimaksud yakni seluruh warga telah memiliki E-KTP pada Juni mendatang atau saat pemungutan suara pilkada serentak dilaksanakan di 171 daerah.

"Bila tidak selesai hubungi call centre pusat 1500537," ucap Zudan.

(kid)