Khofifah Cuti sebagai Mensos Saat Daftar ke KPU Jatim

CNN Indonesia, CNN Indonesia
Rabu, 10/01/2018 15:06 WIB
Khofifah Cuti sebagai Mensos Saat Daftar ke KPU Jatim
Pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak hadir di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya, sebelum mendaftarkan diri ke kantor KPU Jatim. (CNN Indonesia/Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Khofifah Indar Parawansa menyatakan cuti dari jabatannya sebagai menteri sosial, saat mendaftarkan diri sebagai calon gubernur Jawa Timur ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jatim.

"Hari ini saya cuti, makanya waktu datang ke sini tanpa ada pengawalan dari protokoler," kata Khofifah di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Siwalankerto sebelum ke kantor KPU, Surabaya, Rabu (10/1).

Khofifah akan berpasangan dengan calon wakil gubernur Emil Elestianto Dardak. Mereka dikawal dengan aksi pawai selama perjalanan ke kantor KPU. Selawat badar juga berkumandang sekitar setengah kilometer dari kantor KPU Jatim.


Salah satu tim pemenangan Khofifah-Emil, Ari Kusuma mengatakan, pihaknya sengaja menyemarakkan pendaftaran kali ini. Dia mengklaim pasangan Khofifah-Emil mewakili kelompok nasionalis dan agamais di Jatim.

Para pendukung yang terdiri dari relawan dan partai politik telah berkumpul di sekitar kantor KPU. Mereka membawa bendera parpol serta baliho dukungan.

"Sebanyak 37 kelompok relawan, dan 2.200 relawan hadir," kata Ari.

Selain mengenakan atribut parpol pendukung masing-masing, para relawan juga mengenakan identitas baju putih melambangkan kedua pasangan ini.

Seluruh pimpinan partai pendukung hadir mengantarkan pasangan Khofifah-Emil ke KPU Jatim, kecuali Golkar yang bersamaan pendaftaran ke Jombang, serta Hanura ke Mojokerto.

"Jadi selebihnya datang semua. Pakde (Soekarwo) datang, terus konfirmasi hadir Hanura hadir, PPP hadir, terus kemudian PKPI hadir," ujarnya.

Sementara itu, kepolisian menutup jalan satu arah dari pertigaan Jalan Jemursari hingga perempatan Jalan Tenggilis Barat, untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pasangan calon dan para pendukungnya.

Sebelumnya, Khofifah telah menyerahkan surat kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla dan memohon izin mundur dari menteri jika telah sah ditetapkan KPUD sebagai cagub Jatim. KPU membuka pendaftaran calon gubernur paling lambat hari ini. (dik/djm)