PKB Yakin Puti Sukarno Dongkrak Elektabilitas Gus Ipul

Joko Panji Sasongko, CNN Indonesia
Rabu, 10/01/2018 16:32 WIB
PKB Yakin Puti Sukarno Dongkrak Elektabilitas Gus Ipul
Latar belakang Gus Ipul, cicit pendiri NU, dan Puti Guntur selaku cucu Sukarno dinilai akan meningkatkan elektabilitas pada pilgub Jatim. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Sekjen PKB Daniel Johan yakin, Puti Guntur Soekarno dapat meningkatkan elektabilitas bakal calon gubernur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul di pilgub Jatim 2018. PDIP telah menetapkan Puti sebagai bakal calon wakil gubernur Jatim menggantikan Abdullah Azwar Anas.

"Sosok Puti bisa memperkuat elektabilitas pasangan tersebut (Gus Ipul-Puti) di pilkada Jatim," ujar Daniel Johan dalam pesan singkat, Rabu (10/1).

Daniel menjelaskan, latar belakang Gus Ipul dan Puti merupakan indikator utama untuk meningkatkan elektabilitas. Ia berkata, Gus Ipul selaku cicit pendiri Nahdlatul Ulama, KH Bisri Syamsuri diyakini dapat menggaet dukungan mayoritas kalangan NU di Jatim.

Sementara, Puti yang merupakan cucu mendiang Proklamator Sukarno diyakini akan dapat merebut suara kalangan nasionalis yang belum tersentuh oleh Gus Ipul.

"Pasangan yang pas karena gabunganya cicit pendiri NU dan cucu pendiri republik. Saling memperkuat elektabilitas," ujarnya.

Ia menambahkan, PKB akan menggelar deklarasi dukungan kepada Gus Ipul-Puti sebelum masa pendaftaran cagub-cawagub Jatim di KPU berkahir.

"Kami mendukung sepenuh hati. Segera deklarasi," ujar Daniel.

Hari ini merupakan pendaftaran terakhir bagi calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur yang akan mengikuti pilkada 2018.

Pasangan Gus Ipul-Puti memiliki dukungan sebesar 45 kursi DPRD Jatim. Jumlah itu berasal dari PKB 20 kursi, PDIP 19 kursi, dan PKS 6 kursi.

Mereka akan bertarung dengan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak yang telah mendaftarkan diri ke KPU Jatim. Pasangan itu diusung enam parpol, yaitu Demokrat, Golkar, PPP, PAN, NasDem, Hanura, dan PKPI.

Gerindra dikabarkan bakal mendukung Gus Ipul-Puti dan PAN akan mendukung Khofifah-Emil. (pmg/djm)