Ganjar-Yasin Nomor 1, Sudirman-Ida Nomor 2 di Pilgub Jateng

Damar Sinuko, CNN Indonesia
Selasa, 13/02/2018 21:30 WIB
Ganjar-Yasin Nomor 1, Sudirman-Ida Nomor 2 di Pilgub Jateng
Dalam pengundian nomor urut peserta Pilgub Jateng, Ganjar Pranowo-Taj Yasin mendapatkan nomor urut 1, sementara rivalnya Sudirman Said-Ida Fauziah nomor 2. (CNN Indonesia/Damar Sinuko)
Semarang, CNN Indonesia -- Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-Taj Yasin mendapatkan nomor 1, sedangkan Sudirman Said-Ida Fauziah mendapatkan nomor 2, dalam Rapat Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut peserta Pilkada Jawa Tengah, Selasa (13/2).

Pengundian nomor urut paslon itu dipimpin Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Joko Purnomo didampingi empat komisioner.
Sebelum melakukan pengambilan nomor urut, setiap paslon mengambil nomor undian di mana nomor yang terkecil adalah yang paling pertama mengambil nomor urut.

"Angka satu itu ya nomor satu, nomor satu yang Pemenang. Biasanya kan begitu ya. Tapi nomor berapa pun tidak ada masalah," ungkap Ganjar usai pengambilan nomor urut, Semarang, Selasa (13/2).

Sementara itu, Sudirman Said-Ida Fauziah yang mendapatkan nomor urut 2 sangat bersyukur karena sejak awal memang mendambakan nomor 2.

"Dua itu kalau di Pancasila kan [Sila] Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, berarti di sini kita ada tugas kemanusiaan nantinya jika terpilih. Tapi memang sejak awal ingin nomor 2, ini terkabul", kata Sudirman.
Pilkada Jawa Tengah merupakan satu dari 171 wilayah yang menggelar proses kontestasi demokrasi pada tahun ini secara serentak.

Dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Tengah ini, Ganjar-Yasin diusung PDIP, PPP, Demokrat, Nasdem dan Golkar. Sementara itu, Sudirman-Ida diusung Gerindra, PKB, PKS, dan PAN.

Setelah mendapatkan nomor urut ini, maka proses Pilgub Jateng memasuki masa kampanye sebelum pencoblosan yang akan digelar pada 27 Juni 2018 tersebut. (kid/kid)