Ribuan Polisi Amankan Debat Cagub Jawa Barat

Tiara Sutari, CNN Indonesia
Senin, 12/03/2018 17:22 WIB
Ribuan Polisi Amankan Debat Cagub Jawa Barat
Kapolresta Bandung Kombes Hendro Pandowo menerjunkan sekitar 1.345 personel untuk mengamankan pelaksanaan Debat Calon Gubernur Jawa Barat 2018. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)
Bandung, CNN Indonesia -- Ribuan polisi dikerahkan untuk mengamankan jalannya debat perdana calon gubernur Jawa Barat di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung, Senin (12/3) malam.

Kapolrestabes Jawa Barat Komisaris Besar Hendro Pandowo menyebut 1.345 personel polisi akan disebar ke beberapa titik untuk mengawal perhelatan tersebut.

"Enggak cuma di Sabuga saja, kami simpan di titik-titik lain, kayak di jalan Taman Sari ada itu untuk antisipasi pengawalan," kata Hendro di kawasan Sabuga, Bandung, Jawa Barat.
Selain itu, beberapa personel juga ditugaskan untuk mengawal empat pasangan calon dari rumah pemenangan hingga ke Sabuga.

"Nanti ada juga yang ikut iring-iringan dari semua rumah pemenangan, ada yang dari Cipaganti, Dago, Pelajar Pejuang, sampai yang dari Karang Sentra," katanya.

Namun Hendro memastikan tak ada rekayasa lalu lintas yang diterapkan selama pelaksanaan debat. Hanya saja, kata dia, di menit tertentu kemungkinan di kawasan Taman Sari akan dibuka jalur prioritas untuk paslon dan pendukungnya untuk menuju Sabuga.

"Nanti prioritas saja pas di menit ada paslon lewat kan kemungkinan lewat pukul 17.00 WIB," katanya.

Debat calon gubernur Jawa Barat akan dimulai pukul 19.30 WIB dan diperkirakan dihadiri sekitar 2.000 orang.

Masing-masing pasangan calon hanya diperbolehkan membawa 350 orang pendukung ke dalam area Sabuga. Selain pendukung para calon, anggota LSM dan sejumlah tamu undangan juga akan hadir.
(ugo)