Serba-Serbi

Uu Sekadar Duduk, Ridwan Kamil Dinilai Terlalu Dominan

Tiara Sutari, CNN Indonesia
Rabu, 14/03/2018 02:16 WIB
Uu Sekadar Duduk, Ridwan Kamil Dinilai Terlalu Dominan
Calon Gubernur Jabar nomor urut 1, Ridwan Kamil (kiri), mengaku dirinya langsung mengecek media sosial untuk mengetahui tanggapan warganet. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Bandung, CNN Indonesia -- Pengamat semiotika dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Acep Iwan Saidi menilai debat pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Barat, di Bandung, Senin (12/3) malam, adalah ajang promosi perorangan, bukan kerja sebagai kesatuan pasangan calon.

Hal ini disebutnya tampak dari pasangan Rindu (Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum). Pasangan ini, katanya, paling menonjol dalam hal dominasi-mendominasi.

"Sangat kentara [dominasi]. Hampir secara keseluruhan dikuasai Ridwan Kamil. Kang Uu duduk saja, menemani," kata Acep, kemarin.


Ridwan Kamil alias Emil membantah bahwa dirinya mendominasi Uu dalam debat itu. Menurutnya, giliran bicara disesuaikan dengan topik bahasan.

Hal itu disepakati dalam latihan debat beberapa hari sebelumnya. Misalnya, untuk isu-isu intoleransi dan terkait pembangunan di desa maka sepenuhnya akan dijabarkan Uu.

"Saya kan janjiannya gitu, tadi bukan soal dominasi mendominasi karena memang janjianna kitu," kata dia.


Senada, Uu menepis dugaan keberadaan pihak yang didominasi atau mendominasi dalam debat tersebut.

"Tidak ada dominasi, kami sama-sama. Lagi pula yang disampaikan Kang Emil itu ya yang mau saya sampaikan juga. Kami kan satu kapal," kata UU yang saat ini masih tercatat menjabat sebagai bupati Tasikmalaya.
(kid/arh)