'TIga Daerah Akan Jadi Perhatian Cagub Kaltim Dulang Suara'

, CNN Indonesia
Senin, 19/03/2018 01:02 WIB
'TIga Daerah Akan Jadi Perhatian Cagub Kaltim Dulang Suara'
Petugas sedang merapikan kotak suara untuk digunakan menampung suara rakyat dalam proses Pilkada. (Ilustrasi/CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga daerah dinilai akan menjadi konsentrasi para calon gubernur-wakil gubernur Kalimantan Timur (Kalitim) untuk mendulang suara dalam pelaksanaan Pilkada tahun ini.

Tiga kota itu, kata pengamat politik Sonny Sudiar, adalah Balikpapan, Samarinda, dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Pengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mulawarman itu mengatakan tiga daerah itu merupakan kantong suara dengan jumlah total pemilih terbesar yakni lebih dari 50% dari daftar pemilih.

"Sebenarnya bukan hanya pilgub tahun ini, pemilu atau pilkada sebelumnya juga hampir sama, karena memang penyebaran penduduk di Kaltim ini belum merata dan kecenderungan masyarakat masih memilih tinggal di wilayah kota," kata Sonny seperti dikutip dari Antara, Minggu (18/3).


Meski demikian, Soni mengingatkan dalam Pilkada, suara pemilih dari kabupaten/kota lain pun perlu diperhitungkan, karena perolehan suara pemilih dari semua daerah akan menjadikan para kandidat punya peluang besar untuk memenangi pilkada.


"Di kabupaten Mahakam Ulu, misalnya, tercatat golput saat pilpres 2014 hanya 22 persen. Artinya, meski jumlah pemilih kecil, namun partisipasi masyarakat untuk ikut pemilu cukup tinggi," jelas Sonny.

Sehari sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada Kaltim sebanyak 2.346.674 jiwa. Ketua KPU Kaltim Mohammad Taufik menjelaskan, jumlah DPS tersebut terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 1.218.514 jiwa dan perempuan 1.128.160 jiwa.

Dari data DPS tersebut, pemilih terbanyak tercatat di Kota Samarinda sejumlah 549.739 jiwa, disusul Kabupaten Kutai Kartanegara 468.639, Balikpapan dengan 419.718 jiwa, dan Kutai Timur 219.985 jiwa. Sementara enam kabupaten/kota lainnya memiliki DPS di bawah 200 ribu jiwa.

"Untuk pemilih paling sedikit ada di Kabupaten Mahakam Ulu sebanyak 21.096 jiwa," katanya.


Dengan jumlah DPS sebanyak itu, KPU Kaltim menetapkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 7.276 unit, yang terbanyak ada di Kota Samarinda 1.580 TPS dan paling sedikit ada di Kabupaten Mahakam Ulu sebanyak 71 TPS.

Pilgub-wagub Kaltim diikuti empat pasangan calon. Mereka adalah Andi Sofyan Hasdam-Rizal Effendi pada nomor urut 1 ( disokong Golkar dan NasDem), Syaharie Jaang-Awang Ferdian Hidayat pada nomor urut 2 (disokong Demokrat, PKB, dan PPP), Isran Noor-Hadi Mulyadi nomor urut 3 (diusung PKS, PAN, dan Gerindra), serta Rusmadi Wongso-Safaruddin nomor urut 6 (diusung PDI Perjuangan dan Partai Hanura). (Antara/kid)