Kemendagri Jamin Iriawan Bakal Netral di Pilkada

Abi Sarwanto, CNN Indonesia
Senin, 18/06/2018 16:47 WIB
Kemendagri Jamin Iriawan Bakal Netral di Pilkada
Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Bandung, CNN Indonesia -- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjamin Sekretaris Utama Lemhanas Komisaris Jenderal Iriawan yang baru saja dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, bakal menjaga netralitasnya dalam menjalankan tugas, terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat.

"Pak Iriawan itu progamnya menjaga netralitas, mereka menjamin netralitas dan tidak akan konflik kepentingan," kata Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono di Gedung Merdeka, Bandung, Senin (18/6).

Sumarsono mengklaim jika tidak netral dalam menjalankan tugasnya, Iriawan maupun para penjabat gubernur lainnya bakal ditarik dari jabatannya.

"Saya kira netralitas Iriawan tak usah diragukan dia orang yang profesional," lanjut Sumarsono.


Sumarsono mengenal sosok Iriawan saat jenderal bintang tiga itu menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Ketika itu, Sumarsono juga tengah menjabat sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta.

"Jadinya saya tahu persis netralitas Iriawan. Di waktu tinggal satu minggu ini tidak mungkin, konsentrasi ada di pilkada. Dia menguasai di sini, dan masyarakat Jabar bangga," katanya.

Pilkada Jawa Barat akan digelar pada 27 Juni 2018. Netralitas Iriawan usai dilantik sebagai Pj Gubernur Jawa Barat sempat dipertanyakan banyak pihak.

Salah satunya Partai Demokrat yang menilai penunjukkan itu dapat menimbulkan asumsi bahwa pemerintah mendukung pasangan calon (paslon) gubernur Jabar TB Hasanuddin-Anton Charliyan yang diusung PDI Perjuangan.

Latar belakang Iriawan dari polisi, dinilai menimbulkan kecurigaan, sebab Anton Charliyan juga berlatar belakang Korps Bhayangkara.

(ugo/ugo)