Debat Terakhir Pilgub Jateng, Dua Jam untuk Adu Gagasan

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia
Kamis, 21/06/2018 07:41 WIB
Debat Terakhir Pilgub Jateng, Dua Jam untuk Adu Gagasan
Debat terakhir pilgub Jateng akan digelar selama dua jam di Semarang. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)
Jakarta, CNN Indonesia -- Debat terakhir pemilihan gubernur Jawa Tengah akan digelar malam ini, Kamis (21/6). Pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jateng Ganjar Pranowo-Taj Yasin akan kembali berhadapan dengan pasangan cagub dan cawagub Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Joko Purnomo mengatakan terdapat penambahan durasi debat yang semula 1,5 jam kini menjadi dua jam.

Alasannya agar kedua kandidat dapat mengeksplorasi lebih jauh gagasan yang akan disampaikan kepada masyarakat. Joko khawatir minimnya durasi dalam debat pertama dan kedua membuat masyarakat tak bisa menerima informasi dari kedua pasangan dengan lengkap.


"Yang agak kami ubah itu sesi ketika salah satu paslon menjawab pertanyaan dari tim perumus. Dalam debat pertama dan kedua, paslon lawan hanya satu kali menanggapi tapi sekarang bisa dua sampai tiga kali untuk memperjelas ide mereka," ujar Joko kepada CNNIndonesia.com, Rabu (20/6).

Adapun tema debat kali ini adalah tentang demokrasi, hukum, dan kawasan dengan sub tema pembudayaan demokrasi pancasila, kepemimpinan, penegakan peraturan daerah, dan penataan kawasan.

Selain penambahan durasi, lanjut Joko, sesi debat yang biasanya dilakukan masing-masing cagub maupun cawagub ditiadakan. Nantinya debat akan dilakukan antarpaslon secara bersamaan.

"Tidak ada sesi debat satu per satu lagi, tapi antarpaslon agar gagasan mereka menjadi satu. Jadi masyarakat tidak berpikir kok (jawaban) gubernurnya begini, wagubnya begini," katanya.


Sementara dalam sesi terakhir, kedua kandidat akan tetap memberikan pernyataan penutup sebagai bentuk komitmen bahwa pemilihan pada 27 Juni mendatang dapat berjalan aman dan damai.

Laga terakhir kedua paslon ini akan digelar di Hotel Patra, Semarang dan disiarkan langsung oleh Kompas TV pada pukul 19.00 WIB. Sesi debat akan dipandu oleh Aiman Witjaksono sebagai pembawa acara sekaligus moderator.

KPU Jateng tak khawatir dengan potensi kegaduhan dari para pendukung kedua pasangan cagub. Joko mengatakan debat pilgub akan berjalan lancar.

Sementara terkait pengamanan palaksanaan debat terakhir pilgub Jateng, KPU telah berkoordinasi dengan jajaran Polda Jateng.

Pilgub Jateng 2018 diikuti dua pasang calon gubernur-wakil gubernur, yakni Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen yang diusung oleh PDI Perjuangan, PPP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Golkar dan Sudirman Said-Ida Fauziyah yang diusung Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PKB.

(pmg/pmg)