Survei SMRC: Ridwan Kamil-Uu Unggul di Pilgub Jabar

Ramadhan Rizki, CNN Indonesia
Jumat, 22/06/2018 17:15 WIB
Survei SMRC: Ridwan Kamil-Uu Unggul di Pilgub Jabar
Pasangan calon gubernur dan wagub Jawa Barat saat debat kedua Pilgub Jabar. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil- Ruzhanul Ulum unggul atas tiga pasang calon lainnya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Berdasarkan survei terbaru Saiful Mujani Research Center (SMRC), tingkat keterpilihan atau elektabilitas pasangan 'Rindu' itu mencapai 43,1 persen.

Dalam survei yang digelar 22 Mei-1 Juni 2018 itu, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi mendapatkan 34,1 persen, Sudrajat-Achmad Syaikhu 7.9 persen, dan TB Hasanuddin-Anton Charliyan 6,5 persen.

Sementara itu, 8,4 persen responden tidak menandai apapun di surat suara atau masih merahasiakan pilihannya.

"Hasil survei pasangan tertinggi Ridwan Kamil-Uu dengan jarak keunggulan sekitar sembilan persen dengan pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi," kata peneliti SMRC Sirajuddin Abbas dalam rilis survei terbaru di Jakarta, Jumat (22/6).
Jumlah responden dalam survei tersebut 820 responden. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling dengan jumlah proporsional dengan margin of error sebesar 3.5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

Sirajuddin juga mengatakan SMRC juga melakukan survei terhadap popularitas masing-masing calon gubernur.

Hasilnya, Deddy Mizwar adalah calon gubernur yang paling populer atau dikenal oleh sekitar 91 persen warga Jawa Barat. Sementara Ridwan Kamil baru dikenal 79 persen, Sudrajat baru dikenal 28 persen dan TB Hasanudin 25 persen.

"Tingkat popularitas Deddy Mizwar dikenal karena tak hanya sebagai wakil gubernur Jabar, namun sebagai artis Indonesia," ujarnya.
Akan tetapi, di antara keempat calon gubernur tersebut, Ridwan Kamil menjadi kandidat cagub yang paling disukai. Sekitar 86 persen dari yang kenal menyatakan menyukai Ridwan Kamil.

Sedangkan Deddy Mizwar disukai oleh penduduk Jawa Barat sebesar 83 persen, Sudrajat dan Tb Hassanuddin masing-masing 56 persen.

Sirajuddin mengatakan elektabilitas Ridwan Kamil-Uu dan calon pasangan lainnya tak berbeda jauh dari dua hasil survei yang dilakukan sebelumnya, pada Februari 2018 dan Maret 2018.

Pada dua survei sebelumnya, pasangan Ridwan Kamil-Uu unggul masing-masing 47.2 persen dan 43.7 persen. Sementara, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 35.3 persen dan 30.7 persen, Sudrajat-Akhmad Syaikhu 5.4 persen dan 4.6 persen, serta TB Hasanuddin-Anton Charliyan 1.2 persen dan 2.8 persen.

Sementara itu, lembaga Indo Barometer sebelumnya telah merilis hasil survei Pilgub Jabar 2018 pada 20 Juni lalu. Hasilnya menyebutkan ada persaingan antara dua dari empat pasangan calon, yaitu Ridwan Kamil-Uu dan Deddy-Dedi.

Elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Uu sebesar 36,9 persen, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 30,1 persen, Sudrajat-Akhmad Syaikhu 6,1 persen, dan TB Hasanuddin-Anton Charliyan 5 persen. Sementara itu, 21,9 presen tidak menandai apapun di surat suara.
(ugo)