KPU Jabar Gelar Pleno Rekapitulasi Suara Pilgub

Tiara Sutari, CNN Indonesia
Jumat, 06/07/2018 13:05 WIB
KPU Jabar Gelar Pleno Rekapitulasi Suara Pilgub
Pasangan calon gubernur dan wagub Jawa Barat saat debat Pilgub Jabar. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Barat menjadwalkan untuk melakukan rekapitulasi suara Pilgub Jawa Barat di tingkat provinsi pada 7-9 2018.

Penghitungan suara tersebut akan dilakukan melalui rapat pleno terbuka yang bisa dihadiri oleh keempat tim pasangan calon gubernur.

Hingga saat ini telah ada 22 kotak suara dari total 27 kotak suara yang telah sampai ke kantor KPU Jawa Barat.

"Yang lima lagi masih meluncur, hari ini tapi dipastikan sampai. Maksimal sore," kata Komisioner KPUD Jawa Barat, Aang Ferdi saat dihubungi CNNIndonesia.com melalui telepon, Jumat (6/7).

Aang merinci daerah Kabupaten/Kota yang telah menyampaikan kotak suaranya yakni Tasikmalaya, Subang, Depok, Kuningan, Cimahi, Cirebon, Cianjur, Sukabumi, Purwakarta, dan Banjar.

"Selebihnya daerah-daerah Utara juga sudah sampaikan," kata dia.


Kontestasi Pemilihan Gubernur Provinsi Jawa Barat diikuti oleh empat pasangan calon, yakni Ridwan Kamil-UU, TB Hasanuddin-Anton, Sudrajat-Syaikhu, dan Deddy-Dedi.

Setelah dilaksanakan pemilihan suara pada 27 Juni lalu, sejumlah lembaga survei menyebut pasangan calon nomor urut satu yakni Ridwan Kamil-UU mengungguli tiga lawannya melalui hasil hitung cepat.

Meski begitu, KPU meminta agar masyarakat tidak terburu-buru melakukan selebrasi karena pengumuman resmi pemenang baru akan keluar pada 9 Juli mendatang.

(ugo/kid)